Unduh Aplikasi

Tersangka Spesialis Bongkar Rumah Ditangkap

Tersangka Spesialis Bongkar Rumah Ditangkap

BANDA ACEH - Polresta Banda Aceh membekuk tersangka spesialis bongkar rumah yang beroperasi di daerah Darussalam dan Syiah Kuala Banda Aceh.

Kapolsek Syiah Kuala Banda Aceh AKP Asyhari Hendri menyebutkan empat tersangka yang diamankan yakni D, ZK, A dan G. Namun, D menjadi aktor tunggal yang mempengaruhi ZK untuk ikut melakukan aksinya bersamanya.

"Tersangka D merupakan residivis dengan kasus yang sama, namun saat melakukan aksinya rekannya berganti-ganti. Lain TKP lain rekannya," katanya di Mapolresta Banda Aceh, Ahad (20/11).

Dalam melakukan aksinya itu, pelaku berpura-pura mendatangi rumah-rumah yang ditinggalkan penghuninya. Lalu, mereka mencongkel pintu mengunakan linggis.

"Mereka berpura-pura mengetuk pintu, apabila tidak ada sautan, tersangka ini mencongkel pintu. Tersangka D melakukannya bersama Z," ujarnya.

Para tersangka ini dibekuk polisi pada bulan lalu, saat mereka beraksi di desa Rukoh, Darussalam. Mereka sering melakukannya di malam hari dirumag yang ditinggak penghuninya.

"Dari pengakuannya, sudah empat rumah yang mereka jebol, tersangka D sering melakukannya berdua bersama Z," jelasnya.

Penangkapan tersangka ini, kata Kapolsek berkat adanya laporan warga atas kehilangan laptop ke Polsek Syiah Kuala. Menindaklanjuti laporan tersebut, pihaknya melakukan pengembangan dengan dibantu tim dari polresta Banda Aceh.

Disamping itu, polisi juga masih memburu penadah yang membeli barang hasil curian dari tersangka.

"Penadah masih DPO dan sudah kita kantongi identitasnya," katanya.

Dari tangan tersangka, polisi mengamankan dua buah printer, dua unit kamera merk Nikon beserta lensa, dua unit jam tangan, satu Handycam, dua buah handphone dan barang elektronik lainnya.

Maraknya aksi pencurian di sekitar kecamatan Syiah kuala, Ia menghimbau agar semua warga setempat tetap berhati-hati sebelum meninggalkan rumahnya. Kemudian melaporkan setiap kejadian tindak pencurian ke polsek terdekat.

Komentar

Loading...