Unduh Aplikasi

Teroris Ditangkap di Aceh Utara Diduga Pendonor Kelompok ISIS Salik Firdaus

Teroris Ditangkap di Aceh Utara Diduga Pendonor Kelompok ISIS Salik Firdaus

LHOKSEUMAWE - Pengamat Terorisme Al Chaidar mengatakan, Bahraini salah seorang jaringan terorisme yang ditangkap di Kecamatan Sawang, Aceh Aceh Utara, pada Sabtu (26/11) pagi, oleh Tim Densus 88 Mabes Jakarta, diduga sebagai pendonor Salik Firdaus, pentolan kelompok ISIS jaringan Cikijing, Magelang.

Al Chaidar meyebutkan, Bahraini juga diduga kuat sebagai penyedia dana untuk kelompok Cikijing, yang disebut-sebut sebagai kelompok khusus pembuat bom yang dibentuk oleh Salik Firdaus sejak tahun 2006.

Baca: Tersangka Teroris Jaringan Majalengka Diciduk di Aceh Utara

"Kurang lebih setahun lalu saya sempat mendapat kabar di Medan, Sumatera Utara, bahwa ada orang Aceh yang di baiat oleh kelompok ISIS jaringan Cikijing. Saya duga itu adalah Bahraini," kata Al Chaidar, Sabtu (26/11) malam.

Selain Bahraini, kata Al Chaidar, ada juga Abu Musaibah yang juga pentolan dari kelompok yang sama dan sebelumnya sudah ditangkap polisi.

"Kelompok Cikijing merupakan kelompok khusus pembuat bom yang dibentuk oleh salik Firdaus sejak tahun 2006, bahkan diduga kuat kelompok ini sudah memiliki fasilitas laboratorium khusus untuk membuat bom berdaya ledak tinggi," ungkapnya.

Kata Al Chaidar, sepeninggal Salik Firdaus, kelompok ISIS Cikijing terus berkembang dan anggotanya semakin banyak tersebar dibeberapa daerah, termasuk salah satunya Aceh.

"Namun sejauh ini belum tau kiprah Bahraini dalam kelompok jaringan teroris tersebut, " ujarnya.

Komentar

Loading...