Unduh Aplikasi

Ternyata ada 24 Titik Panas di Aceh, Berpotensi Karhutla

Ternyata ada 24 Titik Panas di Aceh, Berpotensi Karhutla
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Hingga hari ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang mendeteksi sebanyak 24 titik panas di Aceh. Kondisi itu berpotensi terbakarnya hutan dan lahan.

Titik panas itu terlihat dari satelit sensor modis Terra, Aqua, NPP Suomi, yang tersebar di sejumlah kabupaten kota, Senin (10/2).

"Sejak kemarin sampai tadi pagi jam 07.00 WIB, kita lihat ada 24 titik panas yang muncul di Provinsi Aceh," kata Zakaria Ahmad saat dikonfirmasi wartawan, Senin (10/1).

Kasi Data dan Informasi BMKG Blang Bintang, Zakaria Ahmad mengatakan, berdasarkan pantauan BMKG terdapat 24 titik panas yang terjadi di Aceh.

Titik itu tersebar di Seulimeum Aceh Besar sebanyak dua titik, Kejuruan  Aceh Tamiang satu titik dengan tingkat kepercayaannya 55 persen, kemudian di Linge Aceh Tengah dua titik, Aceh Tenggara tujuh titik.

Kemudian, di Bener Meriah ada dua titik, di Gayo Lues tujuh titik, dan di Subulussalam dua titik.

"Memang kalau kita lihat dari faktor cuaca sedang masuk musim kemarau dan di hampir seluruh Aceh cerah dan cerah berawan," ujarnya.

Zakaria menyampaikan, suhu udara maksimum di Aceh saat ini mencapai 33 derajat celsius dengan intensitas hujan sangat rendah.

Karena itu, Zakaria meminta masyarakat supaya tidak membuka lahan dengan cara membakar, ditakutkan bisa menyebabkan kebakaran hutan, bahkan berpotensi munculnya kabut asap.  
 

Komentar

Loading...