Unduh Aplikasi

Terkena Dampak Abu Vulkanik, Warga Aceh Selatan: Sudah Mulai Kondusif

Terkena Dampak Abu Vulkanik, Warga Aceh Selatan: Sudah Mulai Kondusif
Foto: Ist

ACEH SELATAN - Empat Kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan yakni Trumon Timur, Trumon Tengah, Trumon dan Kecamatan Bakongan merasakan dampak abu vulkanik akibat erupsi gunung Sinabung Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Minggu (9/6). 

Akibat dari abu tersebut, sejak malam tadi warga sudah mulai berhati-hati, bahkan menggunakan masker. Namun, sejauh ini berdasarkan pengakuan warga setempat, kondisi disana sudah mulai kondusif.

Salah seorang warga Kecamatan Bakongan, Muslim mengatakan untuk wilayahnya saat ini sudah terasa lebih aman, abu tersebut telah mulai menghilang.

"Sejuah ini sudah kondusif, memang tadi malam Kecamatan Bakongan sempat dihujani abu vulkanik," kata Muslim kepada wartawan, Senin (10/6).

Kata Muslim, dampak dari peristiwa tersebut memang terasa secara langsung. Meski demikian, warga disana tetap mengantisipasi segala kemungkinan, karena itu masyarakat harus memakai masker.

Hal senada juga diutarakan warga Trumon, Helmi mengaku bahwa sejauh ini mereka belum merasakan dampak berat akibat abu vulkanik gunung tersebut. Hanya saja saat pertama menyadari adanya abu vulkanik warga sempat panik, tetapi pasca turun hujan kondisi disana sudah kondusif kembali.

"Semalam warga sedikit panik, tetapi setelah hujan turun tadi malam, kondisi di Trumon sudah bisa dibilang aman," tutur Helmi.

Seperti diketahui, abu vulkankik akibat erupsi Gunung Sinabung di Tanah Karo, Sumatera Utara (Sumut), Minggu (9/6), juga berdampak ke Provinsi Aceh.

Hingga Senin (10/6), sudah tiga kabupaten di Aceh yang terkena dampak debu vulkanik tersebut, yakni Aceh Tenggara, Aceh Selatan, dan Simeulue.

Iklan Kriyad

Komentar

Loading...