Unduh Aplikasi

Terkait Temuan BPKP, Kadinsos Aceh: Kita Lagi Berusaha Dapatkan Data Mendalam

Terkait Temuan BPKP, Kadinsos Aceh: Kita Lagi Berusaha Dapatkan Data Mendalam
Kadinsos Aceh, Yusrizal. Foto: AJNN/Fauzul Husni.

BANDA ACEH - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Aceh, yang menyebutkan dari data 1.170.667 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) terdapat 84.666 KPM invalid dan data KPM Bansos beririsan dengan Bansos lainnya.

Dalam temuan BPKP disebutkan, KPM Bansos beririsan tersebut yaitu 5.547 KPM dengan program keluarga harapan (PKH), 15.963 KPM beririsan dengan Bantuan Langsung Tunai (BST), dan 34.743 KPM beririsan dengan Bantuan Langsung Tunai-Dana Desa (BLT-DD).

Baca: Dari 1,17 Juta KPM Bansos di Aceh, 84,6 Ribu Lebih Invalid

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Sosial Aceh, Yusrizal mengatakan bahwa hal tersebut itu merupakan kewenangan BPKP dengan melakukan pemeriksaan secara detail serta standar/kriteria tertentu.

"Bisa saja hal itu terjadi karena sumber data penerima bantuan kita masih belum terverifikasi dan tervalidasi dengan baik pada saat pemberian bantuan dilakukan," kata Yusrizal kepada AJNN, Senin (19/7/2021).

Menurutnya, dari temuan tersebut, semakin menunjukkan pentingnya pelaksanaan verifikasi dan validasi data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial secara tepat dan berkala di kabupaten/kota.

"Secara umum terkait data invalid dan irisan  tersebut kita sedang berusaha untuk mendapatkan data lebih mendalam dan penyamaan persepsi melalui agenda koordinasi dengan pihak BPKP," jelasnya.

Selain terkait temuan BPKP yang menyebutkan temuan bantuan KPM Bansos yang beririsan dengan bantuan sembako yakni BPNT, dan PKH merupakan hal yang lumrah.

Sebab kata Yusrizal, KPM penerima PKH merupakan prioritas penerima berbagai bantuan.

"Ini dimaksudkan agar mereka dapat segera diangkat grade-nya untuk keluar dari kelompok masyarakat dalam kategori miskin/paling membutuhkan," terangnya.

Jadi lanjutnya, semua penerima PKH adalah penerima BPNT. Sementara semua penerima BPNT belum tentu penerima PKH.

"Karena penerima BPNT tersebut tidak memiliki komponen syarat penerima bantuan PKH," pungkasnya.

Komentar

Loading...