Unduh Aplikasi

Terkait Permintaan Transparansi Anggaran, Plh Bupati Bener Meriah: Tuntutan Warga Masih Wajar

Terkait Permintaan Transparansi Anggaran, Plh Bupati Bener Meriah: Tuntutan Warga Masih Wajar
Plh Bupati Bener Meriah, Haili Yoga (Pakai rompi coklat) saat bertatap muka dengan warga Kecamatan Permata. Foto: Ist

BENER MERIAH - Plh Bupati Bener Meriah, Haili Yoga menilai permintaan masyarakat agar pemkab lebih transparan dalam mengelola anggaran dan sejumlah kebijakan lainnya masih dalam batas kewajaran.

"Permintaan mereka masih normatif dan wajar, tadi memang mereka meminta supaya kami transparan terkait penggunaan anggaran Covid-19," ujar Haili Yoga kepada AJNN, Jumat (12/6) di Redelong.

Terkait masalah pembentukan Pansus anggaran Covid-19 dan pembangunan taman Harmoni, Haili Yoga tidak bisa berkomentar. Karena hal itu menurutnya merupakan ranah legislatif. Namun Haili Yoga mengungkapkan bahwa pembangunan Taman Harmoni sebagian dananya bersumber Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Aceh.

Selain itu, Haili Yoga juga mengatakan bahwa persoalan BLT yang masih terus menimbulkan gejolak, sebenarnya merupakan bentuk kesalahpahaman tentang pengelolaan anggaran desa, termasuk bagaimana pihak aparatur desa dalam memahami petunjuk teknis (Juknis) lalu kemampuan membangun sinergi antara Reje kampung, Petue dan masyarakat.

"Mereka harus bersinergi dalam mengelola anggaran, hal ini penting agar nantinya tidak terjadi khilafiyah atau multitafsir dalam pengelolaan anggaran desa," ujar Haili Yoga.

Selama ini, menurutnya ada multitafsir terkait apa itu BLT,  ketahanan pangan dan beberapa bantuan lainnya.

Baca: Diminta Bentuk Pansus, Ketua DPRK Bener Meriah: Kami akan Jadwalkan

Sebelumnya, ia juga sudah mengumpulkan seluruh camat dan unsur Forkopimcam dan SKPK terkait untuk membahas persoalan penyaluran BLT dan program ketahanan pangan.

"Sudah saya ingatkan para camat dan unsur Forkopimcam. Saat ini mereka sudah bekerja. Sehingga apabila ada oknum yang membuat keonaran nanti pasti akan terungkap," ujar pria yang juga menjabat Sekda Bener Meriah ini.

Pemkab Bener Meriah sendiri juga sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan terkait perlindungan aparatur kampung yang menjalankan tugas selama penyaluran bantuan di daerahnya masing-masing.

Terkait ada permintaan penundaan penyaluran bantuan ketahanan pangan dari beberapa pihak, ia mengatakan kalau Pemkab Bener Meriah tidak ada rencana menunda hal tersebut. Tapi pihaknya meminta semua pihak bisa memahami juknis yang telah dikeluarkan termasuk tentang apa ketahanan pangan itu sendiri.

"Saya juga sudah berdiskusi dengan bapak Kapolres, bahwa dalam waktu dekat kami akan mengadakan launching ketahanan pangan, kegiatan ini juga rencananya akan dihadiri oleh Kapolda Aceh," pungkas Haili Yoga.

Komentar

Loading...