Unduh Aplikasi

Terkait Penutupan, Bandara SIM Belum Terima Keputusan Kemenhub

Terkait Penutupan, Bandara SIM Belum Terima Keputusan Kemenhub
Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang. Foto: Net

BANDA ACEH - Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang belum menerima keputusan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI terkait permohonan penutupan bandara oleh Pemerintah Aceh Besar.

"Sampai hari ini belum ada balasan, kita lagi nunggu, belum bisa dipastikan juga kapan. Kalau ada nanti pasti kita sampaikan," kata Manager of Airport & Service Bandara SIM, Surkani saat dikonfirmasi AJNN, Jumat (3/4).

Baca: Diminta Tutup, Bandara SIM Masih Tunggu Jawaban Kemenhub

Surkani mengatakan, saat ini pihaknya tidak bisa memutuskan langkah apapun, karena kebijakan penutupan bandara sepenuhnya kewenangan Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub RI.

Namun, kata Surkani, untuk sementara ini penumpang di bandara SIM sudah mulai berkurang, dari lima pesawat penumpang hanya 401 orang pada Kamis kemarin (2/4).

Menurut Surkani, ada pertimbangan kemanusiaan dari Kemenhub terkait akses perhubungan udara ini, yakni kepentingan pengiriman Alat Pelindung Diri (APD), alat kesehatan serta sampel atau hasil swab ke Balitbang Kemenkes di Jakarta.

"Mungkin hari ini pertimbangan Jakarta (Kemenhub) juga karena kita belum bisa mengecek sampel di Aceh, saya pikir perhubungan udara ini sangat penting. Ini pertimbangan kemanusiaan saja dulu untuk Aceh," ujarnya.

Surkani menyampaikan, pihak Airline juga sudah menyatakan untuk saat ini mereka tidak memikirkan masalah bisnis, tetapi lebih kepada aksi kemanusiaan.

Bahkan, dalam kurun waktu beberapa hari ini pengangkutan barang juga meningkat, dan 80 persen isinya adalah perlengkapan medis, APD serta alat kesehatan lainnya.

"Cargo sekarang saja meningkat, pengiriman cuman 800 kilogram yang keluar dari Aceh. Sementara yang datang itu sampai 12 ton per hari, dan itu isi nya 80 persen Alkes," tutur Sukarni.

Sebelumnya, Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali meminta Menteri Perhubungan untuk segera menutup Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang.

Permohonan itu disampaikan melalui surat Bupati Aceh Besar ke Menteri Perhubungan c/q Dirjen Perhubungan Udara tertanggal 27 Maret 2020.

Permintaan penutupan Bandara SIM ini guna mencegah penyebaran Covid-19. Apalagi sudah memakan korban jiwa, dan pasien itu juga baru kembali dari luar daerah melalui Bandara SIM.

Komentar

Loading...