Unduh Aplikasi

Terkait Pemekaran ALA, Fraksi PAN DPRA: Harus Dikaji Terlebih Dahulu

Terkait Pemekaran ALA, Fraksi PAN DPRA: Harus Dikaji Terlebih Dahulu
Foto: Net

BANDA ACEH - Pemerintah kabupaten di wilayah tengah Aceh mulai menggalakkan wacana pemekaran atau pembentukan provinsi Aceh Leuser Antara (ALA). 

Terkait hal itu, Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRA Aceh, Mukhlis Zulkifli menyarankan agar dilakukan kajian secara mendalam terkait wacana pemekaran provinsi ALA tersebut. Artinya, sejauh ini belum bisa dikatakan mendukung atau tidak. 

"Sekarang bukan masalah setuju atau tidak, tapi perlu dilakukan kajian terlebih dahulu secara menyeluruh baik tidaknya jika dilakukan pemekaran," kata Mukhlis Zulkifli kepada AJNN, Kamis (24/9). 

Baca: Bupati Bener Meriah: Silahkan Pasang Spanduk Dukungan untuk Provinsi ALA

Selain itu, kata Mukhlis, perlu juga diperhatikan apakah rencana pemekaran tersebut murni karena keinginan masyarakat, atau hanya untuk kepentingan segelintir elit. 

"Masalah pemekaran suatu daerah, kalau memang betul-betul keinginan masyarakat engga ada salahnya, asal jangan keinginan elit," ujarnya. 

Meskipun demikian, Mukhlis menyampaikan bahwa pemekaran juga tidak bisa dilakukan karena saat ini pemerintah pusat masih memberlakukan moratorium otonomi daerah (Otda) baru. 

"Seandainya sudah diputuskan oleh pusat, dan ada dalam program legislasi nasional, itu baru bisa kita bilang setuju atau tidak, ini kan belum ada," tutur Mukhlis.

Komentar

Loading...