Unduh Aplikasi

Terkait Lahan untuk Eks Kombatan, Plt Gubernur Surati Bupati dan Wali Kota Se-Aceh

Terkait Lahan untuk Eks Kombatan, Plt Gubernur Surati Bupati dan Wali Kota Se-Aceh
Surat Plt Gubernur untuk Wali Kota dan Bupati Se-Aceh. Foto: Ist

BANDA ACEH - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah telah menyurati Bupati dan Wali Kota Se Aceh terkait penyelesaian lahan pertanian untuk para kombatan, tapol/napol dan korban konflik Aceh. 

Dalam surat bernomor 100/12790 tertanggal 20 Agustus 2019 itu disampaikan bahwa penyelesaian persoalan lahan ini penting untuk membangkitkan perekonomian Aceh. 

Dijelaskan, konflik masa lalu di Aceh harus diakui telah menghancurkan sendi-sendi perekonomian Aceh, dan sampai saat ini belum mampu teratasi secara sempurna, meskipun pasca perdamaian antara pemerintah RI dengan GAM banyak keberhasilan yang telah dicapai. Namun, belum sepenuhnya mengentaskan kemiskinan. 

Dalam upaya mempercepat penurunan angka kemiskinan dan pengangguran di Aceh, diharapkan bantuan para kepala daerah untuk mengidentifikasi faktor produksi berupa Lahan yang ada di wilayah masing-masing untuk didistribusikan kepada kombatan, tapol/napol dan korban konflik guna memenuhi komitmen pemerintah RI dengan GAM (Butir 3.2.5 MoU Helsinki). 

Pada poin ke empat surat ini, bagi pemerintah kabupaten/kota yang telah mengalokasikan lahan pertanian bagi kombatan, perlu menyusun masterplan pengembangan lahan dan pemberdayaan kombatan. 

Masterplan itu akan menjadi acuan bagi pendanaan pembangunan terutama untuk prioritas penguatan perdamaian. 

Surat yang ditandatangani langsung oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah ini juga ditembuskan ke Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Kepala Badan Reintegrasi Aceh (BRA) dan Kepala Biro Perekonomian Setda Aceh. 

Komentar

Loading...