Unduh Aplikasi

Terkait Kelangkaan Solar di Aceh Barat, Ini Kata Pertamina Aceh

Terkait Kelangkaan Solar di Aceh Barat, Ini Kata Pertamina Aceh
Suasana salah satu SPBU di Kabupaten Aceh Barat. Foto: AJNN/Darmansyah Muda.

ACEH BARAT - PT Pertamina Aceh Banda Aceh, mengakui terjadinya kelangkaan pasokan solar di Aceh Barat selama dua dua hari terakhir ini. Sales Branch Manager (SBM) II Aceh PT Pertamina Banda Aceh, M Salman Alfarisy, mengaku kelangkaan tersebut terjadi akibat dua SPBU di wilayah Meulaboh, kehabisan persediaan.

Adapun dua SPBU yang kehabisan persediaan itu, menurut Salman lantaran pada hari Minggu, (28/6/2021) kemarin Pertamina tidak mengirimkan pasokan solar ke SPBU karena hari libur.

Baca: Sudah Dua Hari BBM Jenis Solar Langka di Aceh Barat

"Iya benar bang, ada dua SPBU yang kehabisan pasokan. Jadi kebetulan kemarin kan minggu, sehingga kita tidak melakukan penyaluran. Tapi hari ini aman kok bang kita tadi sudah perintahkan mobil tangki untuk memberikan pasokan," kata Salman.

Salman menjelaskan, habisnya pasokan solar lantaran pada saat pengisian sebelumnya, tangki penyimpanan SPBU sebelumnya dalam keadaan pengisian penuh.

Namun pada saat memasuki hari libur, persediaan yang sebelumnya mengalami kekosongan akibat permintaan konsumen, sehingga Pertamina tidak bisa melakukan penyaluran lantaran bukan hari kerja.

Menurutnya selama ini Pertamina tidak pernah mengurangi pasokan dan selalu mengisi sesuai dengan kebutuhan di SPBU.

"Jadi biasanya gini, di Nagan Raya ada SPBU dengan tangki penampungan 30 KL (Kilo Liter). Jadi kita isikan 24 KL, karena kalau kita paksakan bisa terjadi beban lebih. Nah pas hari berikutnya mereka kehabisan pasokan, dan karena libur kita tidak bisa salurkan, jadi tidak ada pengurangan jumlah," ungkapnya.

Kata dia, selama ini pihaknya rutin melakukan pengawasan terhadap SPBU, guna mencegah terjadinya kecurangan seperti menyalurkan solar subsidi kepada mereka yang tidak berhak.

Upaya pengawasan yang dilakukan, kata dia, dengan melakukan pemeriksaan melalui kamera Closed Circuit Television (CCTV) milik SPBU dan jika adanya kecurangan maka akan dihentikan pasokan selama satu bulan.

Komentar

Loading...