Unduh Aplikasi

Terkait Kebocoran Amoniak, Bapedal Aceh Sampaikan Tujuh Rekomendasi ke PT PIM

Terkait Kebocoran Amoniak, Bapedal Aceh Sampaikan Tujuh Rekomendasi ke PT PIM

LHOKSEUMAWE- Hasil pemantaun dan paparan terkait amoniak PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) oleh Tim Pemerintah Aceh, melalui Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedal) Aceh, Jumat (18/11) mengeluarkan tujuh rekomendasi kepada pihak menejemen perusahaan PT PIM.

Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedal) Aceh, Ir Iskandar mengatakan, pihaknya sudah melakukan pertemuan bersama pimpinan dan manejemen PT PIM serta pemantauan dan investigasi di lokasi.

"Dari hasil pemantauan dan investigasi Tim di lapangan pihak kita sudah memberikan tujuh rekomendasi kepada pihak PT PIM untuk segera dilakukan perbaikan, baik itu dari aspek teknis maupun non teknis, " ujar Iskandar.

Iskandar menambahkan, setelah dilakukan pemantaun dan investigasi oleh tim, maka disimpulkan kebecoran amoniak dari PT PIM bukanlah dari faktor kesengajaan, namun di luar kekuasaan.

"Kita punya tahapan, sejauh ini kita bersama tim baru melakukan sebatas pemantaun, dan apabila ini terulang kembali maka kita mengambil langkah baik itu tindakan administratif maupun tindakan-tindakan lainnya yang tertuang dalam undang-undang, " tutur Iskandar.

Adapun tujuh rekomendasi tersebut adalah,
1. PT PIM wajib melakukan rencana tindak lanjut perbaikan baik itu aspek teknis maupun non teknis.
2. PT PIM wajib merencanakan solusi supply bahan baku gas alam sehingga tidak sering terjadi shutdown pabrik yang dapat menyebabkan trouble sehingga berpotensi terjadinya polusi disekitar lingkungan pabrik.
3. PT PIM wajib menugaskan personil sebagai tim tanggap darurat disekitar lingkungan masyarakat saat star up, shut down, maupun trouble pabrik.
4. PT PIM wajib meningkatkan kordinasi dengan pemerintah daerah untuk dapat menjaga iklim investasi tetap kondusif.
5. PT PIM wajib melaksanakan pengelolaan dan pemantaun lingkungan hidup dan melaporkan secara rutin kepada instansi terkait.
6. PT PIM wajib melakukan ketaatan lingkungan hidup dan pemulihan lingkungan hidup akibat dari dampak yang ditimbulkan tersebut, melalui pemulihan lingkungan dari aspek sosial, fisik kimia dan biologi.
7. PT PIM harus melakukan kajian dan membuat SOP khusus terkait dengan potensi-potensi kebocoran amoniak agar masalah-masalah tersebut tidak terulang lagi dikemuadian hari.

Komentar

Loading...