Unduh Aplikasi

Terkait Event Pariwisata, HPI Aceh Tengah: Mohon Libatkan Yang Sudah Ahli

Terkait Event Pariwisata, HPI Aceh Tengah: Mohon Libatkan Yang Sudah Ahli
Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Aceh Tengah, Andi Rahman. Foto: IST.

ACEH TENGAH - Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Aceh Tengah, Andi Rahman meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tengah, khususnya Dinas Pariwisata untuk melibatkan pihak yang benar-benar ahli yang telah diakui serta terbukti di bidang pariwisata, untuk ambil andil bersinergi demi pembangunan pariwisata Aceh Tengah.

"Mohon cari atau libatkan orang yang benar-benar ahli. Apalagi Aceh Tengah (Takengon) sudah menjadi daerah wisata yang menjadi destinasi incaran dan banyak yang mengunjunginya," ujar Andi kepada AJNN, Minggu (28/3/2021) di Takengon.

Hal itu disampaikan Andi menanggapi sedikitnya event atau program yang mampu dibawa oleh Pemkab Aceh Tengah dari provinsi Aceh yang tercatat dalam Calender of Event Aceh 2021.

Andi menyebutkan bahwa sebelumnya pihak Dinas Pariwisata Aceh Tengah mengatakan sudah mengusulkan kurang lebih 8 program ke pihak provinsi, namun yang berhasil keluar di Calender of Event 2021 hanya 1 program.

"Kenyataannya hanya keluar 1 program, intinya ini ada miss komunikasi dari pihak dinas provinsi dan kabupaten," ujar Andi.

Andi juga mengatakan jika melihat program pariwisata Aceh Tengah beberapa waktu kebelakang, banyak event-event yang terselenggara hanya begitu-begitu saja.

"Eventnya rata-rata tidak ada perkembangan secara kontinyu, terkesan begitu-begitu saja, serta tidak memiliki kebermanfaatan bagi orang banyak. Itu akibat banyak unsur yang benar-benar ahli di bidang wisata tidak ikut dilibatkan," ungkap Andi.

Andi mencontohkan pada event Gayo Festival Mountain yang banyak dianggap oleh masyarakat seperti acara pasar malam.

Kemudian Andi menyarankan kepada pihak pemerintah dan pihak event organization terkait. Jangan menjadikan program wisata hanya untuk mencari keuntungan atau memenangkan proyek belaka.

"Mari kita sama-sama serius demi pembangunan di bidang wisata di Aceh Tengah" pungkas Andi.

Pemkab Bener Meriah _Ramadhan

Komentar

Loading...