Unduh Aplikasi

Terkait Asap, Pejabat Malaysia Tuntut RI Bayar Kompensasi

PENANG - Seorang pejabat di Malaysia menuntut Pemerintah Indonesia membayar kompensasi pada negaranya atas kerugian yang dialami akibat kabut asap. Pejabat itu menyebut Indonesia konyol karena tidak bisa memecahkan masalah ini.

Komentar itu disampaikan Ketua Wanita Malaysian Chinese Association (MCA) Penang yang juga Wakil Menteri Perempuan, Keluarga dan Pengembangan Masyarakat Malaysia, Chew Mei Fun.

Menurutnya, Malaysia telah menderita tersedak asap setiap tahun akibat kebakaran hutan di Indonesia.”Ini konyol bagi mereka yang tidak memecahkan masalah ini. Saya pikir kita harus meminta mereka untuk membayar kompensasi,” katanya, seperti dikutip kantor berita Bernama, Senin (5/10/2015).

“Anak-anak tidak bisa pergi ke sekolah. Pada saat yang sama, tidak ada (wisatawan) yang akan datang untuk mengunjungi Malaysia. Bisnis wisata kami juga telah turun 30 persen. Saya pikir biaya pengobatan bagi kebanyakan orang juga sudah naik (karena kabut),” ujarnya kepada wartawan di sebuah acara di George Town pada Minggu malam.

Chew menyarankan para orang tua untuk membatasi kegiatan anak-anaknya di luar ruangan karena bahaya kabut asap.

SINDONEWS

Komentar

Loading...