Unduh Aplikasi

Tergiur Untung Udang Vaname

Tergiur Untung Udang Vaname
Ilustrasi: ayo budidya.

DUGAAN pencemaran lingkungan di Aceh Jaya jangan dibiarkan. Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Jaya, yang mengaku meninjau sejumlah lokasi tambak udang vaname di sejumlah lokasi dalam di daerah itu, harus menindakklanjuti pengawasan mereka. 

Komisi C harus mendorong SKPK teknis yang membidangi permasalahan itu, seperti Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Aceh Jaya, Dinas Lingkungan Hidup Aceh Jaya yang membidangi lingkungan hidup, Dinas PUPR yang membidangi Tata Ruang, Bappeda yang membidangi Perencanaan, DPMP2TSP yang membidangi perizinan dan BPKK yang membidangi pendapatan daerah, untuk menuntaskan permasalahan ini. 

Dari 11 lokasi tambak yang ditinjau, lima di antaranya telah berproduksi. Sedangkan enam tambak lain masih dalam tahap persiapan. Namun hanya satu tambak yang memiliki izin. Apalagi anggota Komisi C menemukan tambak-tambak itu tidak memiliki IPAL berstandar. 

Sebagian besar mereka mengalirkan limbah ke parit yang langsung dibuang ke muara. Hal ini jelas mengangkangi sejumlah aturan lingkungan yang seharusnya menjadi pedoman dan dipenuhi saat memulai bisnis tambak tersebut. 

IPAL merupakan bagian penting bagi setiap tambak budidaya udang. Pengolahan limbah budidaya udang ini harus meliputi fisik, biologis dan kimia. Proses fisik untuk dibutuhkan untuk mengurangi padatan tersuspensi pada limbah. 

Sedangkan proses biologis untuk mengurai limbah organik. Sedangkan proses kimia untuk membunuh mikroorganisme yang berpotensi membawa penyakit bagi udang. Jadi, feedback dari IPAL ini sebenarnya sangat menguntungkan bagi para petambak. 

Pemerintah dan DPRK juga harus meyakinkan petambak untuk memiliki IPAL sesuai standar. Meski mengurangi jumlah areal usaha, namun untuk jangka panjang, hal ini akan sangat membantu kelestarian areal tambak dan lingkungan di sekitar tambak. 

Tentu saja perlu pendekatan dari dinas terkait untuk meyakinkan para pemilik tambak beroperasi sesuai dengan memperhatikan keselamatan lingkungan. Jangan sampai, bayang-bayang keuntungan dari budidaya udang vaname ini malah mendatangkan mudarat di kemudian hari karena mengabaikan kelestarian lingkungan.

Pemkab Bener Meriah _Ramadhan

Komentar

Loading...