Unduh Aplikasi

Terduga Pelanggaran Pemilu, ES Disidangkan

Terduga Pelanggaran Pemilu, ES Disidangkan
Foto: Net

PIDIE JAYA - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Pidie Jaya, bersama Sentra Gakkumdu telah merampungkan berkas perkara dugaan tindak pidana pemilu di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 Gampong Meunasah Balek, Kecamatan Meureudu.

“Informasinya hari ini sidangnya,” kata Koordinator Divisi Hukum Penindakan, penyelesaian sengkata Panwaslih Kabupaten Pidie Jaya, Muzakkir kepada wartawan, Kamis (9/5).

Terpisah, Kasi Pidum Kejari Pidie Jaya, Aulia yang dikonfirmasi AJNN via selulernya mengatakan, kasus dugaan pelanggaran pemilu di TPS Gampong Meunasah Balek telah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) setempat pada Rabu 8 Mei 2019.

Karena kasus tersebut adalah kasus pelanggaran pemilu yang harus secepatnya diselesaikan, terduga yang berinisial ES langsung disidangkan hari ini (Kamis 9 Mei 2019). Bahkan dalam satu hari ES menjalani dua kali sidang.

"Hari ini sidang pemeriksaan dan tuntutan," sebut Aulia.

Aulia menjelaskan, sesudah sidang pemeriksaan pagi tadi, pihaknya langsung menyiapkan berkas tuntutan terhadap terduga ES.

"Tadi padi sidang pemeriksaan, saat ini kami sedang menyiapkan berkas tuntutan yang sidangnya akan digelar sore ini juga," jelas Aulia.

Seperti diketahui, Panwas Pidie Jaya bersama Gakkumdu melakukan investigasi pada Senin (22/4/2019) ihwal adanya informasi awal tentang dugaan pelanggaran pasal 516 Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017, berupa menggunakan hak pilih lebih dari satu kali pada saat hari pencoblosan yang dilakukan oleh terduga berinisial ES.

"Dan terbukti salah satu terduga menggunakan hak pilih lebih dari satu kali di TPS 01. Salah satu pemilih dasarnya sudah menggunakan hak pilihnya di TPS 02, kemudian kembali memilih secara ilegal di TPS 01, hasil penelusuran awal dia menggunakan E-KTP,” kata Ketua Panwaslu Pidie Jaya beberapa waktu lalu.

Komentar

Loading...