Unduh Aplikasi

Terbukti Khalwat, Oknum Anggota Dewan dan Guru akan Dicambuk

Terbukti Khalwat, Oknum Anggota Dewan dan Guru akan Dicambuk
ilustrasi. Foto: Net

LHOKSEUMAWE - Kejaksaan Negeri Lhokseumawe dalam waktu dekat ini akan memanggil dua terhukum kasus mesum tahun 2005. Kedua terhukum dengan inisial Tz dan Cm yang sudah memiliki putusan Mahkamah Syariah Lhokseumawe, hingga saat ini belum dieksekusi cambuk.

“Putusan dari Mahkamah Syariah Lhokseumawe sudah turun. Dan saya sendiri baru tahu tiga hari lalu. Di mana ada dua terhukum perkara zina tahun 2005 yang belum dieksekusi cambuk,” kata Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Lhokseumawe Isnawati, kepada wartawan Sabtu (9/9).

Isnawati mengatakan, untuk keduanya dalam waktu dekat ini akan dikirim surat pemanggilan pertama. Bila tidak hadir, nantinya akan dikirim surat panggilan kedua. Bila panggilan kedua juga tak direspon makan maka akan dijemput paksa.

“Kita tetap komit menjalankan eksekusi sesuai putusan Mahkamah Syariah. Setelah proses pemanggilan akan dilakukan akan dieksekusi. Waktu dan tempat akan diputuskan setelah kedua terhukum memenuhi panggilan jaksa,” sebutnya.

Menurutnya, selain dua terhukum itu sudah ada beberapa kasus maisir yang juga sudah mendapatkan putusan hukum dan belum dieksekusi.

”Namun sejauh ini dirinya mengaku belum tahu terhukum maisir mana saja yang belum dieksekusi,” ujarnya.

Informasi yang dihimpun, Tz adalah salah seorang mantan anggota DPRK Lhokseumawe dan Cm adalah salah seorang guru yang divonis terbukti melakukan khalwat oleh majelis hakim Mahkamah Syariah Lhokseumawe pada 9 Mei 2006, keduanya dihukum lima kali cambuk di depan umum.

Putusan itu tidak terima oleh keduanya, kemudian diajukan banding sampai peninjauan kembali, namun semuanya ditolak Mahkamah, dan selanjutnya dikembalikan pada putusan Mahkamah Syariah Lhokseumawe.

Informasi lain, Tz dan Cm digerebek oleh 12 personil WH di dalam sebuah kantor partai politik di Jalan Malikussaleh, Lhokseumawe, Minggu 11 September 2005 sekitar pukul 15.40 WIB.

Penggerebekan itu disaksikan ramai warga, tokoh masyarakat dan aparat gampong setempat.

Komentar

Loading...