Unduh Aplikasi

Terapkan Belajar Tatap Muka, Cabdin Wilayah Abdya Perketat Prokes

Terapkan Belajar Tatap Muka, Cabdin Wilayah Abdya Perketat Prokes
Foto: Ist

ACEH BARAT DAYA - Dinas Pendidikan Aceh melalui Cabang Dinas Pendidikan (Cabdin) wilayah Aceh Barat Daya (Abdya mulai menerapkan sekolah tatap muka bagi siswa SMA/SMK di kabupaten tersebut.

Sistem pembelajaran tatap muka telah berlangsung sejak sebulan lalu dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat.

Kepala Dinas Pendidikan Rachmat Fitri HD melalui Kepala Cabang Dinas (Cabdin) Wilayah Abdya, Syarbaini, mengatakan selama sistem belajar tatap muka berlangsung, sekolah di sana menerapkan prokes secara ketat, dengan menyediakan tempat cuci tangan dan rutin memeriksa suhu tubuh siswa.

“Kita sudah menerapkan sistem tatap muka sejak bulan lalu. Bahkan sekarang di Abdya sudah menyeluruh hingga PAUD setelah dilakukannya rapat Forkopimda. Selama dimulainya pendidikan tatap muka kita ketat, kalau ada siswa yang menunjukkan gejala tidak kita izinkan sekolah. Kalau ada yang tidak pakai masker kita mengingatkannya,” kata Syarbaini.

Memang, kata dia, awal berlaku sistem belajar tatap muka penerapan prokes sedikit kesulitan, lantaran pemahaman masyakarat terhadap Corona Virus Disease (Covid-19) sedikit kurang sehingga membuat siswa disana juga kurang patuh.

Namun, kata dia, setelah diberikan pemahaman penerapan Porkes di sekolah-sekolah yang ada di Abdya khususnya jenjang pendidikan SMA siswa mulai melakukan penerapan Prokes secara menyeluruh.

Meski menerapkan sistem Prokes yang ketat, namun pihaknya tidak memberikan sanksi fisik kepada siswa yang tidak menggunakan masker. Sebab, kata dia, sekolah merupakan tempat mendidik bagi para generasi.

Dalam pendidikan tatap muka tersebut, kata dia, bagi sekolah dengan jumlah siswanya dalam satu rombongan belajar (rombel) lebih dari 18 siswa maka diberlakukan sistem 
shift.

“Untuk penerapan shift ada kita lakukan, tapi bagi sekolah dengan jumlahnya lebih dari 18 untuk setiap kelas. Itu ada dua sekolah,” ungkapnya.

Komentar

Loading...