Unduh Aplikasi

Temui Asisten II, Serikat Buruh Dorong Pemerintah Perhatikan Upah Pekerja

Temui Asisten II, Serikat Buruh Dorong Pemerintah Perhatikan Upah Pekerja
Presiden FSPMI, Riden Hatam Aziz (Tengah), Sekjend FSPMI, Sabilar (Kanan) dan Ketua DPW FSPMI Aceh, Habibi Inseun (Kiri). Foto: AJNN/Indra Wijaya

BANDA ACEH - Temui Asisten II Pemerintah Aceh, Perekonomian dan Pertumbuhan, Mawardi, Presiden Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Riden Hatam Azis, meminta Pemeritah Aceh agar memperhatinkan upah pekerja.

Pasalnya kata Riden, untuk menambah pertumbuhan ekonomi di Aceh, yakni dengan meningkatkan daya beli di masyarakat.

"Caranya daya beli itu harus dijaga. Apa artinya, upah para buruh harus betul-burh diperhatikan. Karena itu salah satu instrumen yang harus diperhatikan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi," kata Riden saat ditemui AJNN di Grand Mahoni Hotel, Banda Aceh, Selasa (6/4/2021).

Ia mengatakan, untuk di Aceh sendiri secara geografis lebih kepada pertanian. Sektor tersebut juga harus difokuskan dan penyerapan tenaga kerja itu lebih cepat.

Menurutnya, Aceh yang memiliki keistimewaan dengan Otonomi khususnya, maka Pemerintah Aceh dapat membuat peraturan-peraturan untuk penguatan pekerja di lapangan.

"Contoh perda tentang THR, perda tentang jemputan karyawan, makanan karyawan dibeli, kemudian meugang, libur tsunami, dan penyesuaian hari kerja," ungkapnya.

Ia juga mengkritik terkait Upah Minimum Pekerja (UMP) tahun 2021 tidak naik. Sementara untuk Upah Minimum Karyawan (UMK) mala dinaikkan.

Di situasi pandemi seperti ini pun, pemerintah pusat banyak memberi insentif kepada para pengusaha. Seperti, insentif pajak, mempermudah regulasi, maupun bantuan-bantuan secara finansial yang sangat besar.

"Maka jangan lagi pengusah, mengambil hak-hak pekerjanya. Program yang ditawarkan Pemerintah Aceh juga sangat bagus, maka kami memberi support dimana posisi kami sebagai pekerja, itu mendukung kebijkan pemerintah," jelasnya.

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...