Unduh Aplikasi

Temuan DPRK Aceh Tengah: Wabup Kuasai Lima Mobil Dinas

Temuan DPRK Aceh Tengah: Wabup Kuasai Lima Mobil Dinas
Wakil Ketua DPRK Aceh Tengah, Edi Kurniawan. Foto: For AJNN

ACEH TENGAH - Wakil Ketua DPRK Aceh Tengah Edi Kurniawan meminta Bupati Aceh Tengah Shabela Abu Bakar untuk menjelaskan tentang lima unit mobil dinas yang saat ini dipakai oleh Wakil Bupati Aceh Tengah, Firdaus.

Kepada AJNN, Edi Kurniawan mengungkapkan kalau persoalan mobil dinas ini mengakibatkan salah satu agenda sidang paripurna DPRK tentang pembahasan Qanun Pembentukan Struktur Organisasi dan Tatalaksana Kerja (SOTK) dan Qanun Retribusi, Senin (30/12/2019) terpaksa di tunda.

Penundaan ini disebabkan oleh kekecewaan pihak legislatif terkait keberadaan sejumlah aset yang tidak sesuai aturan di pemerintah Kabupaten Aceh Tengah.

"Kami minta saudara bupati dan sekda untuk menyelaraskan kembali beberapa aset Pemerintah Aceh Tengah yang tidak sesuai peruntukannya. Anggota DPRK Aceh Tengah menemukan bahwa Wakil Bupati menguasai lima mobil dinas, apabila persoalan ini sudah selesai, maka kami akan meneruskan sidang ini," ujar Edi Kurniawan.

Menurut Edi, mobil dinas yang saat ini ada di tempat wakil bupati yaitu satu unit mobil Alfard 2019, Fortuner 2016, Inova 2014, Inova 2019 dan Mitsubishi double kabin 2016 (milik Dinkes).

Keberadaan lima unit mobil dinas pada Wakil Bupati Aceh Tengah ini sebenarnya melanggar aturan Permendagri no 7 tahun 2006 tentang standarisasi sarana prasarana pemerintah daerah, dimana disebutkan bahwa wakil bupati hanya boleh memiliki dua unit kendaraan operasional perorangan yaitu jenis Sedan 2200 CC dan jenis Jeep 2200 cc.

Selain itu, legislatif juga kecewa terhadap pihak dinkes yang menarik atau meminta kembali mobil dinas jenis double cabin yang dipinjam pakai oleh tim pansus PT LMR di area parkir DPRK Aceh Tengah.

"Mereka mengambil mobil tersebut tanpa prosedur resmi dari sekretariat DPRK, ini tidak elok secara etika," ujar Edi.

Sebelumnya DPRK Aceh Tengah meminjam tiga unit mobil untuk kegiatan pansus tambang emas PT LMR, ketiga mobil tersebut yaitu dua mobil Inova dan satu unit Mitsubishi double cabin.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aceh Tengah, Zulkarnain mengatakan tidak benar ada lima mobil yang dikuasai oleh wakil bupati.

"Mobil yang ada sama bapak wabup sebenarnya cuma tiga unit, yaitu satu Toyota Alphard dan dua unit Inova, sedangkan mobil double cabin merupakan mobil dinas milik anaknya dokter Hendra, yang berdinas dinkes," ujar Zulkarnain.

Namun, Zulkarnain juga menyayangkan dan menyesalkan cara pengambilan mobil double cabin tersebut secara tidak prosedural. Terkait permintaan pihak legislatif untuk mendata dan menyelaraskan semua aset kendaraan dinas milik Pemkab Aceh Tengah, pihaknya akan segera menindaklanjuti laporan tersebut.

Informasi yang diperoleh AJNN, saat ini 460 kendaraan dinas milik Pemkab Aceh Tengah yang tersebar di sejumlah SKPK, dinas kesehatan merupakan instansi yang memiliki mobil dinas operasional terbanyak.

Komentar

Loading...