Unduh Aplikasi

Tempat Pengajian di Aceh Tamiang Diminta Terapkan Protokol Kesehatan

Tempat Pengajian di Aceh Tamiang Diminta Terapkan Protokol Kesehatan
Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Aceh Tamiang (tengah) saat memimpin rapat dengan para pimpinan dayah.

ACEH TAMIANG - Tim Gugus Tugas Pencegahaan Covid-19 Kabupaten Aceh Tamiang meminta kepada pimpinan atau pengurus pasantren dan dayah di wilayah itu untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dalam proses belajar mengajar.

'Proses belajar mengajar di dayah dan pasantren sudah kembali dibuka meskipun kondisi masih new normal. Namun kita minta pimpinan pasantren dan dayah harus menerapkan ptotokol kesehatan," kata Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Aceh Tamiang, Mursil saat rapat dengan para pimpinan dayah Jum’at (12/6) di Aula Setdakab

Dikatakan Mursil, penerapan protokol ksehatan di dayah merupakan instruksi Gubernur Aceh melalui suratnya dengan nomor : 4407/7713 terkait hal kerjasama Puskesmas dan dayah terhadap protokol kesehatan di dayah dalam penanggulangan Covid-19.

Mursil yang juga Bupati Aceh Tamiang itu juga meminta kepada para pimpinan dayah agar mewajibkan para santri menggunakan masker dalam aktivitas sehari-hari.

Mursi juga meminta agar di dayah disediakan tempat untuk mencuci tangan dengan air yang mengalir, serta melakukan pengecekan suhu tubuh secara berkala kepada para santri, tenaga pendidik bahkan tamu yang datang ke dayah.

“Mari kita ikuti instruksi Pemerintah, karena bagaimanapun, dalam kondisi apapun, bukan hanya karena pandemi Covid-19 kita juga wajib menjaga kesehatan," ujarnya.

Menurut Mursil, penerapan protokol kesehatan perlu dilakukan sebagai ikhtiar pencegahan atas tertularnya Covid-19, virus yang mematikan itu.

“Nanti akan kita sediakan alat pengukur suhu tubuh, dan jika nanti ada santri yang diperiksa ditemukan bersuhu tubuh diatas 38 derajat, maka sesegera mungkin menghubungi petugas kesehatan di Puskesmas terdekat. Nanti akan kita berikan nomor-nomor layanan Puskesmas," kata Mursil.

Mursil berharap para pimpinan dayah bersedia melaksanakan pengawasan protokol kesehatan di lingkungan dayah masing-masing secara berkala, dalam durasi per-sepuluh hari bersedia melaporkan kondisi suhu tubuh kesehatan para santri dan tenaga pendidik kepada Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Aceh Tamiang.

 

Komentar

Loading...