Unduh Aplikasi

Teknologi telekomunikasi dari zaman ke zaman

Teknologi telekomunikasi dari zaman ke zaman
Tele, Foto: novi astuti.blogspot.com
Manusia berpikir dan selalu menghasilkan sebuah inovasi dari zaman ke zaman. Untuk mendukung proses penyampaian pesan dari satu individu ke individu lain, diperlukan alat atau teknologi komunikasi.

Dilansir Mashable, Jumat (5/12/2014), manusia dibantu dalam hal berkomunikasi mulai dari sinyal asap hingga memanfaatkan burung merpati. Berkat teknologi, cara manusia berkomunikasi berubah signifikan dari waktu ke waktu.

Sinyal Asap

Sinyal asap bisa dikatakan sebagai cara paling kuno yang pernah dipakai pada tahun 200 sebelum masehi. Saat itu, sinyal asap dipakai untuk mengirimkan pesan di sepanjang Great Wall of China. Pada 150 sebelum masehi, ahli sejarah Yunani Polybius merancang sistem sinyal asap yang merepresentasikan visual alfabet.

Burung Merpati

Pada abad ke-12, burung merpati dipakai untuk membawa pesan dari Mesir ke kota-kota yang jauh seperti Baghdad, Iraq. Ini merupakan sistem komunikasi yang luas, yang memanfaatkan merpati untuk menghubungkan kota-kota dengan jarak ratusan kilometer.

Telegraf

Telegraf merupakan alat sistem komunikasi yang sudah usang. Alat ini mentransmisikan sinyal elektrik melalui kabel dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Kemudian, alat itu mentranslasikan sinyal elektrik menjadi sebuah pesan. Pada 1844, Samuel Morse mengirimkan pesan telegraf pertama dari Washington D.C. ke Baltimore Maryland.

Pada abad ke-21, telegraf sudah ditinggalkan dan revolusi perangkat telekomunikasi memungkinkan lahirnya telefon, mesin fax dan internet.

Landlines (Sambungan Telefon Rumah)

Sebelum munculnya ponsel seluler, ada sambungan telefon rumah. Teknologi ini populer di era 1950-an dan hanya satu orang yang bisa melakukan panggilan telefon dalam satu waktu.

Dial Up Internet

Teknologi yang dikatakan lawas ini digunakan agar pengguna dapat mengakses internet atau world wide web (WWW). Sebelum WiFi muncul, teknologi Dial Up Internet membuat pengguna yang sedang mengunduh file lagu (misalnya), menjadi terhenti atau mengalami 'delay' karena pengguna mengangkat telefon.

SMS

Pesan singkat pertama diluncurkan dan populer pada 1992. Pesan pertama ini mengucapkan hari raya Natal dan dikirimkan kepada CEO Vodafone. Terkini, sebanyak 8,6 triliun SMS dikirimkan setiap tahunnya.

Facebook

Facebook merupakan jejaring sosial yang dibuat oleh Mark Zuckerberg pada 2004. Awalnya, ia membuat jejaring sosial ini untuk menghubungkan antar mahasiswa Harvard. Akan tetapi, pengembangan selanjutnya membuat Facebook tumbuh besar dan dipakai oleh miliaran pengguna di dunia. Kabarnya, ada koneksi pertemanan sebanyak 201,6 miliar dan tercatat tombol like sudah di-klik 3,4 triliun kali.
Smartphone

Smartphone, teknologi inovatif yang kini dipakai banyak orang untuk saling terhubung. Pengguna tidak perlu mengakses PC untuk browsing website dan dengan smartphone segalanya menjadi lebih mudah serta mobile. Smartphone saat ini juga disematkan teknologi mumpuni, baik pada kamera, baterai, komponen, sensor dan fitur di dalamnya.

Komentar

Loading...