Unduh Aplikasi

Tekan Angka Stunting, Zaini Abdullah Terbitkan Pergub Pemberian ASI Eksklusif

Tekan Angka Stunting, Zaini Abdullah Terbitkan Pergub Pemberian ASI Eksklusif
Pergub cuti melahirkan selama enam bulan bagi PNS, PPPK atau tenaga honorer dan kontrak di Aceh.
BANDA ACEH – Gubernur Aceh Zaini Abdullah, baru saja menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Aceh Nomor 49 tahun 2016, tentang Pemberian Air Susu Ibu Eksklusif, yang ditandatangani pada 11 Agustus 2016 lalu.

Dalam pergub tersebut, selain dimaksudkan untuk membangun hubungan emosional antara anak dan ibu, penerbitan pergub itu juga bertujuan untuk menekan angka stunting di Aceh. Yaitu suatu penyakit pada anak atau balita yang mengalami tumbuh pendek atau kerdil.

Untuk diketahui, stunting disebabkan karena bayi kekurangan gizi, akibat dipicu oleh kurangnya asupan gizi ibu hamil, ibu menyusu, dan pada balita. Di Aceh, hasil survei riset kesehatan dasar 2013 lalu, menyebutkan sekitar 36 persen balita di Aceh mengalami tumbuh pendek atau stunting.

Pergub Aceh 49/2016 tersebut mengatur soal pemberian ASI eksklusif kepada bayi, yaitu pemberian ASI sedini mungkin setelah persalinan. ASI diberikan tanpa jadwal dan tidak diberi makanan lain, walaupun hanya air putih. Sampai bayi berumur 6 bulan. Pemberian ASI ini dapat memberikan antibody terhadap anak, sehingga tidak mengalami stunting.

Selain itu, pergub tersebut juga mengatur cuti bagi PNS dan tenaga honor, serta pekerja atau buruh. Dimana pemerintah atau perusahaan wajib memberikan cuti hamil dan cuti melahirkan bagi pekerja perempuan dan suami.

Pemerintah wajib memberikan cuti melahirkan selama 6 (enam) bulan setelah waktu melahirkan untuk masa pemberian air susu ibu (ASI) eksklusif. Serta bagi suami diberikan cuti hamil selama 7 (tujuh) hari sebelum melahirkan. Sedangkan untuk cuti melahirkan, suami diberikan cuti 7 (tujuh) hari setelah melahirkan. Sedangkan untuk pekerja atau buruh, ditentukan oleh perusahaan atau melalui perjanjian kerja antara pekerja dan perusahaan atau dengan serikat pekerja.

Komentar

Loading...