Unduh Aplikasi

Teguh Santosa: JMSI Sumut Harus Mampu Jadi Marketplace Pendorong Kesejahteraan Masyarakat

Teguh Santosa: JMSI Sumut Harus Mampu Jadi Marketplace Pendorong Kesejahteraan Masyarakat
Pelantikan pengurus JMSI Sumatera Utara. Foto: IST

SUMUT - Perusahaan media online harus menjadi marketplace yang mampu mendorong kesejahteraan masyarakat. Sebagai perusahaan yang bergelut dalam dunia digital, Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) juga harus mampu membantu para pelaku UMKM di daerah dalam menemukan pasar bagi usahanya.

Hal itu disampaikan Ketua Umum JMSI Teguh Santosa dalam sambutannya pada pengukuhan pengurus JMSI Sumatera Utara di Hotel Garuda Plaza, Sabtu (19/12).

"Saya berfikir kita sedang menciptakan marketplace untuk para pelaku UMKM. Hal itu harus mampu kita wujudkan agar kehadiran kita benar-benar dapat bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Selain itu, kehadiran organisasi ini juga harus menjadi wadah untuk menjembatani kehidupan pers yang profesional. 

"Kami terus mendorong agar pers Indonesia menjadi pihak yang bertanggungjawab atas informasi yang akurat kepada masyarakat," sebutnya.

Dijelaskan, data tahun 2017 lalu ada sekitar 43 ribu media digital yang muncul di Indonesia. Untuk memastikan bahwa media-media digital tersebut menjadi pihak yang mempekerjakan jurnalis-jurnalis yang profesional.

"Imbauan-imbauan mengenai pedoman-pedoman yang dikeluarkan oleh pemerintah dan dewan pers serta organisasi terkait upaya meningkatkan kualitas jurnalistik dan juga kewajiban mensejahterakan karyawan harus dilakukan," ungkapnya.

Menurut Teguh, hal ini merupakan pekerjaan berat bagi perusahaan media online. Sebab, pada satu sisi memiliki kewajiban untuk mempekerjakan jurnalis yang profesional, namun pada sisi lain juga memastikan bahwa mereka merupakan perusahaan yang taat aturan.

"Ini bukan pekerjaan mudah. Karena itu, saya sangat menyambut Pemprov Sumut yang memastikan bekerjasama dengan perusahaan yang terverifikasi," pungkasnya.

Komentar

Loading...