Unduh Aplikasi

Tebing Sungai Terus Longsor, Desa Alue Keumang Terancam Hilang

Tebing Sungai Terus Longsor, Desa Alue Keumang Terancam Hilang
Rumah warga Desa Alu Keman yang terancam diseret arus sungai. Foto: Ist

ACEH BARAT - Desa Alue Kemang Kecamatan Paton Reu Kabupaten Aceh Barat terancam hilang apabila erosi di Daerah Aliran Sungai (DAS) krueng Meureubo terus terjadi, yang menyebabkan tebing sungai terus amblas karena banjir dan derasnya air sungai.

Kepala Desa Alue Keumang, Zulkifli, mengatakan saat ini longsoran tebing sungai Krueng Meureubo di kawasan lintasan desa itu terus terjadi, bahkan kata dia beberapa hektar kebun dan sawah warga telah amblas ke sungai.

"Saat ini pemukiman kami sangat terancam. Tebing sungai terus mengalami longsor dan area perkebunan dan persawahan warga terus amblas. Ada sekitar satu hektar lahan yang berdekatan dengan sungai sudah amblas," kata Zulkifli, kepada AJNN.

Bukan hanya perkebunan dan areal persawahan yang menjadi ancaman terhadap erosi sungai, namun kata dia pemukiman penduduk juga mulai terancam hilang, akibat longsoran tebing yang semakian parah.

Dirinya menambahkan, saat ini ada empat rumah yang mulai terancam amblas ke sungai, lantaran jaraknya hanya tersisa sekitar 5 meter lagi dari tebing sungai, dan dikwatirkan akan hanyut saat banjir melanda desa itu

"Bukan tidak mungkin rumah-rumah warga akan dibawa arus sungai, mengingat desa kami rawan banjir. Jika banjir terjadi tebing sungai amblas sepanjang tiga hingga lima meter," ungkapnya.

Menurutnya, jika kondisi ini dibiarkan maka desa tersebut terancam hilang dari peta Aceh Barat, karena meluasnya longsoran tebing akibat erosi yang terjadi sepanjang tahun.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, kata dia, sangat dibutuhkan pelurusan tebing dan pemasangan tanggul di kawasan DAS Krueng Meureubo tersebut, sehingga tidak lagi terjadi longsoran tebing.

Menurutnya, kerusakan Jembatan Alue Keumang hingga berujung rubuh pada Rabu kemarin juga disebabkan oleh longsorong tebing sungai, yang membuat abutmen dan pondasi pada tebing tidak kokoh lagi.

Melihat kondisi tersebut, kata dia, jika pun kedepan pemerintah kembali membangun jembatan tanpa didahului pemasangan tanggul maka akan sia-sia, karena dikwatirkan jembatan yang dibangun juga akan amblas.

"Kalau tanggul tidak dibangun, dan pemerintah membangun jembatan bisa ambruk lagi, karena tebingnya terus longsor," ungkapnya.

Komentar

Loading...