Unduh Aplikasi

TDMRC Unsyiah Teliti Morfologi Garis Pantai Pasir Setelah Banjir Rob di Meulaboh

TDMRC Unsyiah Teliti Morfologi Garis Pantai Pasir Setelah Banjir Rob di Meulaboh
Kadis PUPR, Kurdi, menunjukkan garis pantai kepada tim TDMRC. Foto: Ist

ACEH BARAT - Tim Tsunami And Disaster Mitigation Reasearch Center (TDMRC) Universitas Syiah Kuala melakukan penelitian dampak abrasi Pantai Desa Suak Indrapuri dan Desa Pasir, akibat banjir rob yang disebabkan pasang purnama yang kerap terjadi dalam tahun ini.

Penelitian yang dilakukan oleh tim dari TDMRC tersebut guna melihat dampak lingkungan yang ditimbulkan akibat banjir rob dari pasang purnama garis pantai itu hingga merendam sejumlah desa kawasan pesisir Kota Meulaboh tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Aceh Barat, Kurdi menyebutkan penelitian yang dilakukan oleh TDMRC Unsyiah itu, merupakan survey awal yang nantinya akan melahirkan rekomendasi terhadap perencanaan pembangunan tanggul dan drainase dikawasan itu.

"Kedatangan tim TDMRC Unsyiah ini untuk melalukan survey awal terhadap abrasi pantai dampak banjir rob merendam Dasa Suak Indrapuri, Pasir dan Kampung Belakang. Guna mencocokan nantinya perencanaan pembangunan tanggu yang dilakukan kementrian PUPR dan Drainase yang dilakukan PUPR Aceh Barat," karta Kadis PUPR Aceh Barat, Kurdi.

Kurdi mengatakan, adapun yang akan dilihat oleh tim TDMRC itu nantinya menyangkut dengan morfologi pantai atau pembentukan garis pantai baru akibat dari banjir rob tersebut.

Dilakukannya penelitian itu oleh TDMRC, kata dia, sangat didukung oleh pihaknya sebab akhirnya rekomendasi terkait perencanaan kedepannya, maka anggaran yang dikeluarkan pemerintah terhadap pembangunan tanggul, serta drainase tidak sia-sia.

"Nantinya lewat rekomendasi tentu akan kami lihat kebutuhan terkait dengan pengaman tanggul yang dibangun kementerian PUPR dan dan saluran yang sudah kita bangun," ungkapnya.

Komentar

Loading...