Unduh Aplikasi

Tatib DPRK Pidie Jaya Disahkan

Tatib DPRK Pidie Jaya Disahkan
Rapat paripurna pengesahan Tatib DPRK Pidie Jaya. Foto: AJNN.Net/Muksalmina

PIDIE JAYA - Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie Jaya mengesahkan Tata Tertib (Tatib) dewan setempat dalam sidang Paripurna di Gedung DPRK Pidie Jaya, Senin (21/10).

Anggota Pansus Penyusunan Tatib DPRK Pidie Jaya, Yusri Abdullah mengatakan, pengesahan tersebut dilakukan setelah fraksi-fraksi menyampaikan pendapatnya dan menerima draf tatib yang dibahas Pansus DPRK.

Dikatakan, peraturan tatib yang mengikat seluruh anggota dewan Pidie Jaya tersebut mengacu pada pasal 186 UU nomor 23 tahun 2014, bahwa tatib ditetapkan oleh DPRK yang berpedoman pada peraturan perundang-undangan.

Yusri menjelaskan, tiga langkah penting yang dibebankan kepada pansus dilaksanakan dalam kurun waktu satu bulan.

"Langkah-langkah yang dilakukan pansus dalam waktu satu bulan dengan jadwal rapat siang dan malam adalah merumuskan, membahas serta menyempurnakan Tatib DPRK untuk periode 2019-2024, dan melakukan koordinasi dengan Gubernur Aceh serta membuat laporan akhir dan menyampaikannnya dalam rapat paripurna DPRK Pidie Jaya," kata Yusri.

Selain itu, lanjut Yusri, pihaknya juga telah berkonsultasi dengan Biro Hukum Setda Aceh, serta sharing dengan DPRK Aceh Besar sebagai langkah menyempurnakan tatib.

Dalam Tatib DPRK Pidie Jaya itu memuat 224 pasal dan 21 Bab, memberi batasan mengenai ketentuan tentang pengucapan sumpah atau janji, penetapan pimpinan, pemberhentian dan pergantian pimpinan, jenis dan penyelenggaraan rapat, pelaksanaan fungsi, tugas dan wewenang lembaga serta hak dan kewajiban anggota.

"Berikutnya mengatur tentang susunan serta tugas dan wewenang alat kelengkapan, pergantian antar waktu anggota, pembuatan pengambilan keputusan, pelaksanaan konsultasi DPRK dan pemerintah daerah kabupaten, penerimaan pengaduan dan penyaluran aspirasi masyarkat dan pelaksanaan tugas kelompok pakar atau ahli," jelasnya.

Komentar

Loading...