Unduh Aplikasi

Tarian Tsunami Buka Pekan Kebudayaan Aceh Barat

Tarian Tsunami Buka Pekan Kebudayaan Aceh Barat
ACEH BARAT - Tarian tsunami Aceh dan tarian wareh merupakan dua tarian yang memeriahkan acara pembukaan Pekan Kebudayaan Aceh Barat (PKAB) 2016, Senin (22/8). Pembukaan PKAB tersebut dimulai dengan pembawaan beberapa tarian kreasi dari sanggar meusaho ganto, SMA Negeri 2 Meulaboh.

Salah satunya tari tsunami Aceh, tari tersebut merupakan tarian yang menggambarkan gempa yang maha dahsyat disusul gelombang tsunami yang meluluh lantakkan Aceh pada Minggu, 26 Desember 2004 silam.

Tari yang mengingatkan tentang ratusan ribu masyarakat Aceh meninggal dunia karena gelombang tsunami, mendapatkan antusias masyarakat yang hadir pada pembukaan PKAB Aceh Barat yang digelar di Lapangan Teuku Umar Meulaboh.

Selain tari tsunami Aceh, sanggar Meusahoe Ganto juga membawakan tari wareh Aceh Barat. Tari itu menggambarkan tentang keberagaman suku, agama dan budaya masyarakat di Aceh Barat. Namun tetap dalam kerukunan tanpa adanya perbedaan. Tarian wareh Aceh Barat sendiri juga dibawakan oleh beberapa pelajar etnis tionghua.

Selain itu juga dibawakan tari tarek pukat, tari tersebut melambangkan kehidupan masyarakat Aceh khususnya Aceh Barat yang rata- rata merupakan nelayan. Dalam tarian tersebut ikut menggambarkan bagaimana kehidupan masyarakat pesisir yang hidup dengan potensi laut, sehingga memberikan pesan menjaga lingkungan laut.

Dalam tari tarek pukat ini juga menggambarkan tentang bagaimana kokohnya para nelayan Aceh dan tetap semangat meski kawasan mereka pernah hancur setelah dilanda gelombang tinggi tsunami.

Komentar

Loading...