Unduh Aplikasi

Tarawih Perdana, Warga Padati Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh

Tarawih Perdana, Warga Padati Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh
Suasana Tarawih malam pertama di Mesjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh. Foto: AJNN/Indra Wijaya.

BANDA ACEH - Meski ditengah pandemi Covid-19, tak menyurutkan semangat warga untuk melaksanakan shalat tarawih perdana di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Senin (12/4/2021) malam.

Kendaraan pun sangat ramai diparkirkan di depan Masjid Raya Baiturrahman. Warga terlihat begitu antusias mengikuti proses shalat tarawih perdana itu. Mereka berjejer rapai memenuhi saf-saf yang masih kosong.

Ada yang pergi dengan teman, keluarga, bahkan anak-anak pun turut berantusias. Wajah mereka tercermin kebahagian. Bagaimana tidak, bulan suci Ramadhan sendiri merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim.

Kutar Maulana misalnya. Ia bukan asli orang Banda Aceh. Ia berasal dari Pulau Simeulue, Provinsi Aceh. Ramadhan kali ini, ia tidak sempat pulang ke kampung halaman. Disini ia tinggal di Simpang Mesra bersama temannya.

Meski tahu MRB akan ramai dipadati warga, ia tetap bersekukuh akan melaksanaan shalat tarawih di sana. Sebab kata dia, MRB sendiri memiliki sejarah panjang bagi masyarakat Aceh sendiri.

"Selain itu MRB juga menjadi tempat wisata religi. Jadi ini alasan kita melaksanakan tarawih disini," kata Kutar.

Menurutnya, pelaksanaan shalat tarawih tahun ini dibanding tahun lalu tidak terlalu jauh berbeda. Namun, untuk tahun ini kata Kutar, warga sedikit diberi kelonggaraan dalam melaksanakan ibadah.

"Alhamdulillah kalau sekarang kita sudah bisa melaksanakan shalat tarawih di masjid. Kalau tahun kemarin kan agak terbatas," ungkapnnya.

Sementara itu Mayda, warga kota Banda Aceh mengaku, ia melaksanakan shalat tarawih di MRB sendiri karena ingin merasakan shalat tarawih perdana di MRB.

"Orang Aceh kan biasanya MRB jadi tempat favorit untuk melaksanakan tarawih perdana," kata Mayda.

Ditengah pandemi Covid-19 seperti ini, ia mengaku juga agak sedikit merasa takut dikarenakan ramainya jemaah. Pada Ramadhan 1442 Hijriah kali ini, ia mengaku masyarakat sangat antusias melaksanakan tarawih.

"Tahun lebih enak lagi kita shalat, beda sama tahun lalu. Kalau lalu kita dibatasi shalat," pungkasnya.

Pada pelaksanaan shalat tarawih perdana itu, Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani, saat mengisi tausiah mengingatkan agar seluruh jemaah yang hadir di Masjid Raya Baiturrahman (MRB) agar senantiasa mematuhi setiap aturan dalam berlalu lintas.

Sebab kata dia, sepanjang tahun 2021, sudah terjadi sebanyak 177 kasus kecelakaan lalu lintas.

"“Yang meninggal rata-rata dari 20-40 tahun, berapa banyak keluarga yang menderita karena orangtuanya yang menderita," pungkasnya.

Komentar

Loading...