Unduh Aplikasi

Taqwaddin: Saya Bicara Bukan sebagai Kepala Ombudsman Aceh

Taqwaddin: Saya Bicara Bukan sebagai Kepala Ombudsman Aceh
Kepala Ombudsman RI perwakilan Aceh Taqwaddin Husen
BANDA ACEH - Kepala Ombudsman RI perwakilan Aceh Taqwaddin Husen menyampaikan, terkait pernyataan yang mengatakan Sulaiman Abda sebagai orang yang tepat mendampingi Irwandi Yusuf sebagai calon Gubernur Aceh dalam kapasitas alumni teman dan masyarakat biasa.

“Saya menyampaikan itu bukan dalam kapasitas kepala Ombudsman Aceh, itu melanggar aturan,” kata Taqwaddin kepada AJNN, (3/8).

Dirinya menjelaskan, sebagai kepala Ombudsman atau pejabat publik pihaknya tidak boleh berkecimpung dalam politik karena itu melanggar aturan yang berlaku, dalam hal ini mereka harus netral, tidak boleh memihak kepada satu dan lainnya. Dan terkait apa yang telah disampaikannya tersebut murni dalam kapasitas masyarakat biasa.

“Kami harus netral dan tidak boleh berpolitik karena melanggar aturan ombudsman sendiri, tapi kalau dalam kapasitas teman sesama alumni atau masyarakat biasa itu tidak apa-apa,” terangnya.

Taqwaddin menjelaskan, dirinya diajak pada pertemuan tersebut murni sebagai sesama alumni unsyiah, dan dirinya berbicara sebagai rakyat biasa yang ingin melihat persaingan lebih berkompeten.

“Jadi tidak ada ombudsman masuk keranah politiknya.”

Selain itu, saat pertemuan tersebut juga tidak ada surat resmi ke Ombudsman melainkan hanya kepada dirinya pribadi dan undangannyapun melalui pesan Whatsaap.

“Maka dari itu tidak masalah jika saya katakan seharusnya Sulaiman Abda diajak oleh para calon Gubernur Aceh, kalau sebagai kepala Ombudsman tidak boleh mendukung siapapun,” jelasnya.

Terkait telah dilaporkannya pernyataan dirinya oleh Komunitas Anti Korupsi Aceh (KAKA), kepada Ombudsman pusat, dia mengaku belum mengetahui hal itu.

Komentar

Loading...