Unduh Aplikasi

Tanggul Irigasi di Kecamatan Sakti Kembali Jebol, Petani Krisis Air

Tanggul Irigasi di Kecamatan Sakti Kembali Jebol, Petani Krisis Air
Kondisi saluran irigasi yang jebol. Foto: AJNN/Salman

PIDIE - Tanggul saluran irigasi di Gampong Tangkueng, Kecamatan Sakti, Kabupaten Pidie kembali jebol setelah sebelumnya sempat ditangani secara darurat oleh Dinas Pengairan Aceh. Imbas kerusakan tanggul saluran irigasi tersebut sehingga pasokan air untuk beberapa kecamatan berkurang. 

Saluran irigasi Tangkueng merupakan jaringan dari irigasi Barona Jaya yang mengiri ke lahan sawah di empat kecamatan, meliputi Kecamatan Kembang Tanjong, Sakti, Mutiara dan Simpang Tiga dengan luas lahan sawah mencapai ribuan hektar.

Ismail (68) petani asal Gampong Blang Gapu, Menasah Ara, Kecamatan Kembang Tanjong kepada AJNN, Sabtu (19/12) mengatakan, akibat kerusakan saluran irigasi tersebut masyarakat tidak dapat menggarap lahan persawahan karena kekurangan pasokan air. Jika hal ini tidak ditangani segera maka masyarakat tidak dapat menggarap sawah. 

"Saluran irigasi Tangkung merupakan tumpuan petani di Kecamatan Kembang Tanjong untuk mendapatkan pasokan air untuk dialiri ke persawahan. Untuk itu kami berharap kepada pemerintah agar segera menangani kerusakan saluran irigasi tersebut supaya aliran air kembali lancar," ujarnya. 

Diketahui, pintu saluran irigasi tersebut juga pernah jebol diterjang arus air deras, kemudian sekitar lima bulan lalu ditangani secara darurat oleh pihak Dinas Pengairan Aceh dengan memasang material kawat bronjong. Namun karena hujan deras beberapa hari ini sehingga saluran irigasi kembali jebol diterjang arus air. 

Komentar

Loading...