Unduh Aplikasi

Tanggapan Plt Gubernur Aceh Terkait Referendum

Tanggapan Plt Gubernur Aceh Terkait Referendum
Nova Iriansyah. Foto: Biro Humas Setda Prov Aceh

BANDA ACEH - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah ikut menanggapi pernyataan Ketua DPA Partai Aceh (PA) Muzakir Manaf atau kerap disapa Mualem tentang Aceh Referendum.

Nova mengatakan, Indonesia selaku negara demokrasi akan menghargai semua pendapat yang disampaikan, namun terkait tindak lanjutnya tetap harus berdasarkan konstitusi, mulai dari Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Undang-undang (UU), dan semua tingkatan peraturan dibawahnya.

"Kita negara demokrasi, semua pendapat harus dihargai. Cuma, tentu follow up nya berdasarkan konstitusi, mulai dari UUD, UU, kemudian semua hirarki peraturan perundang-undangan dibawahnya," kata Nova Iriansyah kepada wartawan disela-sela kegiatan buka puasa bersama di Anjong Mon Mata, Rabu (29/5).

Disisi lain, Nova mengajak semuanya harus berfikir jernih, karena pihaknya juga akan melihat apakah ada peluang atau tidak untuk menindaklanjutinya, tetapi itu semua tergantung pada konstitusi serta peraturan perundang-undangan.

"Pada tingkat pertama, saya ingin mengajak kita berfikir jernih, semua pendapat harus dihargai, kemudian kita lihat apakah ada peluang untuk bisa ditindaklanjuti atau tidak, tergantung dari konstutusi dan peraturan perundang-undangan," ujarnya.

Nova menyampaikan, dirinya secara pribadi, apapun wacana serta pendapat  yang ada jika itu bermuara terhadap kesejahteraan rakyat tetap harus dihargai.

"Yang pasti saya pribadi, apapun wacana dan pendapatnya kalau muaranya tetap kesejahteraan rakyat harus dihargai," tuturnya.

Namun, lanjut Nova, mengingat saat ini sudah dekat dengan hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah, persoalan tersebut mungkin dapat dibahas setelah lebaran. Karena pihaknya juga perlu membuka referensi lagi, dan Pemerintah Aceh juga menggali serta melihat peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Tapi ini sudah menjelang hari raya, mungkin kita bahas sesudah hari raya lah, mungkin kita juga perlu buka referensi, Pemerintah Aceh juga tentu ada yang menggali dan melihat peraturan perundang-undangannya, nanti kita teliti dengan baik," pungkas Nova.

 

iPustakaAceh

Komentar

Loading...