Unduh Aplikasi

Tangani Corona, Pemkab Aceh Barat Masih Kekurangan APD

Tangani Corona, Pemkab Aceh Barat Masih Kekurangan APD
RSUDCND Meulaboh. Foto: AJNN.Net/Darmansyah Muda

ACEH BARAT - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat hingga saat ini masih kekurangan stock masker di tengah mewabahnya virus Coronavirus Disease atau Covid-19. Padahal masker merupakan saah satu kebutuhan tim medis dalam menangani pencegahan virus tersebut.

Selain masker, pemerintah setempat dilaporkan juga kekurangan kekurangan alat kelengkapan seperti hand sanitazer hingga alat pelindung diri (APD).

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Coronavirus Disease atau Covid-19, Amril Nuthihar, mengatakan saat ini stock masker yang tersedia di dinas kesehatan setempat hanya sekitar 424 kotak atau sekitar 21,2100 ribu pcs.

“Selain itu kami juga masih kekurangan anti septik yang hanya tersesa 140 botol yang tersimpan di gudang ke farmasian dinkes,” kata Amril Nuthihar, kepada wartawan, Kamis (2/4).

Dikatakannnya, masker yang masih tersedia di gudang farmasi merupakan masker yang selama ini digunakan untuk warga saat terjadinya kebakaran hutan dan lahan, yang memang setiap tahunnya dilakukan pengadaan mengingat daerah itu selama ini sering terjadinya karhutla.

Ia mengungkapkan saat ini APD yang ada di rumah sakit hanya berjumlah 30 unit, dimana 20 unit bantuan dari Pemerintah Aceh, dan 10 unit bantuan dari Mifa Bersaudara.

“Yang bantuan provinsi juga tidak lengkap hanya baju saja, dan itu juga sudah disalurkan ke puskesmas-puskesmas yanga di Aceh Barat serta ke posko penanganan Covid-19 di PSC (Publik Safety Center)” sebutnya.

Disebutkannya, Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 membutuhkan 1000 lembar masker per bulan, serta membutuhkan setidaknya 2000 lebar APD untuk penanganan Covid-19 bagi pasien PDP.

"Untuk APD dan masker sudah kami pesan, tapi belum sampai. Untuk masker kami 2000 kotak, dan juga antiseptik," ungkapnya.

Komentar

Loading...