Unduh Aplikasi

Tanaman Pisang di Abdya Terserang Penyakit Layu

Tanaman Pisang di Abdya Terserang Penyakit Layu
ilustrasi pisang layu. Foto: satuharapan

ACEH BARAT DAYA - Kalangan petani pisang di sejumlah Aceh Barat Daya mengeluhkan serangan penyakit layu di kebun pisang mereka. Serangan penyakit itu semakin parah dalam satu tahun belakangan ini.

"Penyakit itu menyerang semua jenis pisang,” kata Ajo, warga Lembah Sabil Ajo, Senin (21/11). "Penyakit ini tidak hanya menyerang bagian buah saja," ujar Ajo.

Serangan ini terlihat sejak buah pertama dimulai berbuah. Daunnya akan mengering kemudian menjalar ke bagian buah dan lama-kelamaan seluruh tanamannya akan mati.

"Kalau pun sempat dipanen maka isi buahnya akan terlihat kempes dan berwarna hitam," tutur Ajo.

Hal senada disampaikan Erwandi, warga Alue Sungai Pinang. Dia mengatakan sejumlah tanaman pisang awak yang ditanam di sekitar rumahnya juga terserang penyakit layu.

"Memang tidak banyak, tapi penyakitnya aneh sekali saat pisang berbuah, pucuknya langsung layu dan menjalar ke buah hingga hangus," jelasnya.

Padahal lanjut Erwandi, pisang jenis itu saat ini harganya terbilang cukup mahal terutama untuk memenuhi permintaan pedagang gorengan pisang yang per tandan ukuran besar bisa dijual seharga Rp 30 ribu. Dia berharap pemerintah membantu mereka mengatasi hal ini.

Komentar

Loading...