Unduh Aplikasi

Tanaman Padi Diserang Wereng, Petani di Aceh Utara Kewalahan

Tanaman Padi Diserang Wereng, Petani di Aceh Utara Kewalahan
Tanaman padi di Langkahan yang tampak mulai menguning akibat terkena serangan hama serangga wereng coklat. Foto: Ist

ACEH UTARA - Puluhan hektar lahan persawahan di sejumlah kecamatan dalam wilayah Aceh Utara diserang hama wereng coklat (Nilaparvata lugens). Serangan hama serangga tersebut menyebabkan daun padi menguning, batang membusuk dan perlahan mati. Para petani pun terancam gagal panen.

Informasi dihimpun AJNN, hama wereng tersebut telah terjadi sejak sepekan terakhir dan belum berhasil ditanggulangi secara maksimal. Sehingga para petani merasa sangat kewalahan.

"Hama wereng batang coklat sudah semakin ganas menyerang tanaman padi petani di beberapa kecamatan. Saya sudah dapat laporan dari enam kecamatan," kata Ketua Komunitas Petani Muda Pasee ( KPMP) Zaman Huri kepada AJNN, Minggu (28/1).

Beberapa kecamatan yang telah diserang hama wereng meliputi Kecamatan Syamtalira Bayu, Kuta Makmur, Seunuddon, Tanah Jambo Aye, Baktiya, dan Langkahan.

"Salah satu contoh di Gampong Tanjong Dalam, Langkahan. Serangan wereng sudah parah, banyak tanaman padi petani setempat mulai menguning daunnya dan jika tidak segera diatasi akan terancam puso," ungkapnya.

Pihaknya berharap, masalah tersebut bisa segera ditangani Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Aceh Utara.

"Petani sudah kewalahan membasmi hama wereng tersebut, makanya kami harap dinas bisa turun tangan dan membantu penanggulangan masalah tersebut, baik itu soaialisasi pencegahan maupun penanganan lanjutan agar petani tidak merugi," kata Huri.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Aceh Utara yang coba diminta tanggapannya oleh AJNN belum berhasil dihubungi.

Komentar

Loading...