Unduh Aplikasi

Tanam Serentak di Pidie Jaya Terancam Gagal

Tanam Serentak di Pidie Jaya Terancam Gagal
Lahan untuk tanam serentak di Pidie Jaya terlihat kering. Foto: Muksal Mina

PIDIE JAYA - Tanam serentak di Kabupaten Pidie Jaya pada Musim Tanam Rendengan (MTR) terancam gagal. Pasalnya, lebih dari enam ribu hektare sawah dalam delapan kecamatan di kabupaten tersebut belum digarap.

Pantauan AJNN, Selasa (29/11), di beberapa titik, seperti di Kecamatan Trienggadeng, Bandar Baru dan Bandar Dua, bahkan sawah di Kecamatan Jangka Buya sama sekali belum digarap. Hal itu dikarenakan sawah di kecamatan tersebut masih kering, dan harus menunggu curah hujan yang tinggi. Sementara di lokasi lain, masyarakat sudah mulai menabur bibit.

"Airnya tidak ada, bagaimana masyarakat mau mengarap sawah. Kalau begini, target tanam serentak di Pidie Jaya jelas tidak akan serentak," kata tokoh masyarakat Bandar Dua, Hasballah.

Seharusnya pemerintah setempat, katanya, harus lebih memfokuskan untuk mensejahterakan masyarakat dari pada sibuk mengurus anggaran. Terutama di bidang pertanian, karena pertanian adalah sektor utama pendapatan masyarakat Pidie Jaya.

"Pemerintah jangan sibuk mengurus anggaran, tapi lihat kesini apa yang dibutuhkan masyarakat, terutama warga Jangka Buya yang sama sekali belum bisa mengarap sawah karena tidak ada air," katanya.

Komentar

Loading...