Unduh Aplikasi

TAMBANG ILEGAL NAGAN RAYA

Tambang Liar Marak di Nagan Raya

Tambang Liar Marak di Nagan Raya
NAGAN RAYA – Warga Pemukiman Pulo Raga Kecamatan Beutong Kabupaten Nagan Raya keluhkan tambang liar yang menggunakan alat berat dan merusak alam di wilayah itu.

Tambang yang tidak memiliki izin tersebut menurut sejumlah warga sangat mengkhawatirkan karena menggunakan alat berat berupa beko atau exavator, penambang mengeruk pasir di sepanjang sungai bahkan sudah mulai memasuki kawasan hutan.

Warga Pemukiman Pulo Raga yang namanya ditulis mengatakan, keresahan warga sangat mendasar, mengingat kawasan tersebut menjadi lokasi padang rumput bagi warga peternak dan tempat warga mengais rezeki dengan mendulang emas secara tradisional.

“Sekarang sudah ratusan beko masuk, sepanjang sungai semua sudah dikeruk, lahan untuk ternak kami sudah habis, dan tempat kami mendulang tidak ada lagi, jadi kami tidak dapat bekerja lagi,” ungkapnya.

Bahkan lebih memperihatinkan, tambang liar menggunakan alat berat tersebut sudah berlangsung lama dan tidak ada langkah tegas dari pemerintah setempat.

“Sudah hampir setahun ini masuk alat berat, jumlahnya mencapai seratus lima puluh lebih, sekarang mereka mulai masuk ke kawasan hutan karena di pinggir sungai sudah habis,” katanya.

Selain tambang, warga juga mengaku kerap melihat adanya kayu ilegal yang diangkut dari kawasan tersebut.

“Sekarang bukan hanya tambang, kayu ditebang cukup banyak dan diangkut keluar” katanya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pertambangan dan Energi, Samsul Kamal mengaku sudah menyurati lima kepala desa di Kecamatan Beutong agar menghentikan penambang liar tersebut.

“Kita sudah menyurati kepala desa di sana, agar dihentikan pertambangan tanpa izin,” kata samsul.

Sedangkan untuk menindak lanjut persoalan tersebut, Samsul Kamal berjanji akan berkoordinasi dengan pimpinan daerah agar dapat diselesaikan.

Komentar

Loading...