Unduh Aplikasi

Tak Lulus CPNS, Honorer Aceh Barat Mengadu ke DPRK

Tak Lulus CPNS, Honorer Aceh Barat Mengadu ke DPRK
Pns, Foto : Net
ACEH BARAT - Sekitar 56 Honorer Katagori Dua (K-2) Kabupaten Aceh Barat mendatangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK), Rabu (21/10), sekitar pukul 10.00 wib pagi. Kedatangan puluhan honorer untuk menuntut pengangkatan status mereka menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Kedatangan para honorer K-2 diterima oleh Wakil Ketua DPRK Aceh Barat, Ramli MS diruang kerjanya.

Ramli MS mengatakan, dalam proses pengangkatan honorer K-2, sekitar 73 orang yang dinyatakan tidak lulus seleksi menjadi CPNS. Mereka yang tidak lulus merupakan para guru Taman Kanak-Kanak (TK) dan selama ini mengajar disekolah swasta.

“Mereka minta bantuan legeslatif supaya dapat memediasi pengangkatan statusnya,” kata Ramli ketika dihubungi AJNN via selular.

Ia menjelaskan, alasan tidak lulunya honorer ini karena dianggap selama ini mengajar disekolah-sekolah swasta.

"Para honorer ini tidak lulus menjadi CPNS berdasarkan verifikasi dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB)," jelasnya

Ramli menilai, tidak ada perbedaan antara guru yang mengajar disekolah swasta maupun yang mengajar disekolah negeri, karena sama-sama mengabdi bagi generasi Kabupaten Aceh Barat.

“Jangan samakan sekolah TK swasta di Jawa dengan sekolah swasta di Aceh, karena kalau sekolah swasta di Aceh benar-benar mengabdi membantu pemerintah daerah dalam mencerdaskan anak bangsa,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata Ramli, sekolah swasta di Aceh dan dipulau jawa terdapat beberapa perbedaan, dimana sekolah swasta dipulau jawa dalam menjalankan pendidikan cara berfikir lebih kepada bisnis, sedangkan di Aceh tidak pada level itu, tapi murni untuk pendidikan anak bangsa.

”Silakan tim dari Menpan-RB kunjungi Aceh Barat untuk melihat realita kondisi sekolah swasta, apakah guru honor di Aceh layak disebut mengabdi atau hanya sebatas bisnis,” tegasnya.

Selain itu, Ramli mengungkapkan, ada keganjilan ketika pengangkatan Honorer K-2 di Aceh Barat, lantaran ada 7 pegawai Honorer yang selama ini mengajar disekolah swasta bisa diluluskan. Namun yang sisanya malah tidak lulus.

“Tujuh orang ini lulus, anehkan dan itu menimbulkan masalah sehingga mereka protes,”ujarnya.

Mantan Bupati Aceh Barat ini berjanji akan memperjuangkan para honorer dengan mengunjungi Kemenpan-RB untuk menjelaskan semua persoalan.

"Saya akan minta agar pegawai honorer K-2 di Aceh Barat untuk dapat diangkat menjadi CPNS,"

|DARMANSYAH MUDA

Komentar

Loading...