Unduh Aplikasi

Tak Kunjung Disalurkan, Bantuan Bibit Menumpuk di Dinas

Tak Kunjung Disalurkan, Bantuan Bibit Menumpuk di Dinas
ACEH BARAT DAYA - Ribuan batang bibit manggis dan durian bantuan pada Dinas Pertanian dan Perternakan (Distannak) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) hingga kini masih menumpuk alias belum disalurkan kepada kelompok tani. Akibatnya, kondisi bibit mulai layu dan menguning.

“Iya benar belum kita bagikan, kendalanya pihak Kementerian Desa Tertinggal belum membayar kepada pihak rekanan sehingga belum bisa kita bagikan,” ungkap Kepala Distannak Abdya Maswadi kepada AJNN via telpon selulernya Jum’at (11/3).

Maswadi menambahkan, untuk proses tender semua telah dilakukan, namun dalam perjalannanya kata Maswadi, setelah pihak rekanan menyerahkan bibit ke dinas, dan dilanjutkan turunnya tim PHO dari Jakarta, malah uang tidak dicairkan hingga akhir Desember lalu.

Menurut maswadi, sejumlah bibit tersebut sejatinya dibagikan pada Januari 2016 tetapi karena ada kendala di lapangan belum bisa bisa dibagikan kepada kelompok tani.

“Kurang lebih rutusan batang bibit durian sepuluh ribu bibit manggis, akan diberikan kepada 3 kelompok tani yang ada di beberapa kecamatan,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan, bibit tersebut merupakan bantuan pusat dengan angaran sebesar Rp 900 juta rupiah tahun 2015 lalu. saat ini bibit ditempatkan di belakang kantor dinas tersebut.

Kendati demikan lajut maswadi, pihaknya akan segera mengintruksikan kepada kelompok tani untuk segera membuka lobang tanam agar segera dibagikan bibitnya.

”Saya sudah perintahkan petugas untuk meminta seluruh penerima bantuan membuka lubang tanam, sekalipun belum dibayar biar, saya yang tahan badan, yang penting Abdya makmur” ujarnya.

Ia berharap pembagian bibit durian dan manggis kali ini tidak terulang dengan pembagian bibit lain di Abdya. Bibit diambil tetapi ditumpuk di dekat sumur alias tidak ditanam malah sebahagian dijual.

“Ini tidak boleh terulang lagi, makanya siapa yang sudah siap lobang tanam langsung saya bagi,” pintanya.

Komentar

Loading...