Unduh Aplikasi

Tak Cukup Iktikad Baik

Tak Cukup Iktikad Baik
Ilustrasi: Hy-mark

PEMERINTAH daerah hendaknya segera menyalurkan bantuan penanganan dampak covid-19 segera. Terutama pemerintah daerah yang telah mengalokasikan dana untuk itu dalam bentuk jaring pengaman sosial.

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, misalnya, telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 128 miliar lebih. Dana ini dinilai sangat cukup untuk membantu masyarakat miskin dan mereka yang menjadi miskin karena corona.

Langkah ini diharapkan dapat membantu masyarakat miskin dalam memenuhi kebutuhan pangan dan menjaga daya beli. Terutama selama Ramadan dan menjelang Idul Fitri. Di saat-saat seperti inilah, bantuan itu sangat dibutuhkan. Penyaluran yang cepat akan sangat membantu masyarakat mengurangi beban.

Tentu saja pemerintah daerah harus memiliki basis data yang jelas. Terutama terkait warga miskin dan warga miskin baru. Pemerintah daerah perlu memiliki perencanaan yang jelas dan pelaksanaan yang tepat sasaran agar uang yang ada benar-benar berguna dalam mengarungi ketidakpastian di masa pandemi.

Pemerintah daerah, baik di kabupaten dan kota ataupun di provinsi, harus mengedepankan transparansi dalam penyaluran. Pemerintah harus membuka informasi mengenai alur pengadaan, rekam jejak penerima bantuan dan perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam pengadaan barang-barang bantuan.

Pemerintah juga perlu mengetatkan proses verifikasi publik dan tidak bertele-tele dalam mendistribusikan bantuan. Jangan sampai, bantuan ini ditunggangi oleh para pemburu rente yang tak mengenal kesusahan; hanya kesempatan.

Pemerintah harus memahami bahwa kesalahan kecil dalam menangani dampak corona bisa lebih mematikan ketimbang virus itu sendiri. Bencana ini harusnya mengajarkan kita untuk lebih bersih, baik di lingkungan ataupun bersikap.

Karena iktikad baik saja tidaklah cukup. Kita perlu bersikap lebih transparan dan mengedepankan rasa malu saat tak mampu membantu rakyat menggunakan uang mereka. Memastikan setiap perangkat pengawasan berjalan. Dan seluruh proses distribusi dapat dipertangungjawabkan penyalurannya.

Komentar

Loading...