Unduh Aplikasi

Tak Bisa Ikut Tes CPNS Mahasiswa Demo STIKes Muhammadiyah

Tak Bisa Ikut Tes CPNS Mahasiswa Demo STIKes Muhammadiyah
Unjuk rasa mahasiswa di depan STIKes

LHOKSEUMAWE- Sejumlah mahasiswa jurusan keperawatan berdemonstrasi di depan Sekolah Tinggi Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah, Kota Lhokseumawe, Senin (14/1), siang.

Aksi tersebut dipicu karena mereka tak bisa mengikuti rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan peluang kerja lainnya karena belum memiliki sertifikat lulus uji kompetensi ners dari Asosiasiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI).

Koordinator aksi, Ramadhana menyebutkan ujian itu digelar tiga kali setahun yaitu bulan Maret, Juli dan Oktober 2018. Namun, pihak kampus belum memasukan data mahasiswa karena alasan proses transisi pergantian ketua.

“Kami ini angkatan 2017 dan 2018 untuk ners sebanyak 48 orang. Kami bersabar, karena masih membuka diskusi dengan kampus, namun tidak diindahkan apa pun. Dampaknya, tes CPNS kemarin tak bisa daftar, begitu juga tes peluang kerja lainnya. Ini merugikan lulusan,” sebut Ramadhana.

Dia menyebutkan persoalan itu juga sudah dilaporkan ke Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XIII Provinsi Aceh di Banda Aceh. “Dengan kondisi begini, kami minta agar kompensasi dari kampus berupa pengembalian biaya kuliah sebesar Rp 5,3 juta (itu 25 persen dari Rp 21, 5 juta). Biaya wisuda dan yudisium Rp 2,7 juta. Kan harus fair, mereka tidak melayani, tapi biaya diambil penuh,” terang Ramadhana.

Secara terpisah, mantan Ketua STIKes Muhammadiyah, Ibrahim mengatakan masa jabatannya berakhir pada 17 Mei 2018. Sehingga, STIKes dipimpin Plt Ketua Mahli.

“Pelimpahan wewenang mengurus yudisium dan lain sebagainya itu ke wakil ketua satu Sri Andala. Ini harus diselesaikan segera di bulan Juni 2018 hingga mereka bisa ikut uji kompetensi Juli 2018. Saya sudah buat detail kronologi itu dan siap pertanggungjawabkan bukan pada posisi saya sebagai ketua saat itu,” terangnya.

Sedangkan Ketua STIKes Muhammadiyah, Mursal, tidak memberi penjelasan detail. “Saya sedangada sibuk ada acara,” jawabnya singkat

Komentar

Loading...