Unduh Aplikasi

Tak Ada Surat, Enam Ambulan Milik Pemko Terbengkalai

Tak Ada Surat, Enam Ambulan Milik Pemko Terbengkalai
Ambulan terbengkalai di Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh. Foto: Aceh Image.
BANDA ACEH - Enam unit ambulan milik Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh itu hanya menjadi pajangan. Barang-barang itu terparkir di halaman Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh. Kendaraan-kendaraan itu tak memiliki surat kelengkapan, seperti buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB) dan kelengkapan lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Media Yulizar mengatakan, saat diserahkan oleh lembaga nirlaba asing, kendaraan itu tak pernah dilengkapi surat resmi. Bantuan itu diserahkan setelah lembaga bantuan itu tak lagi beroperasi di Aceh usai bencana ganda gempa dan tsunami.

“Kendaraan-kendaraan itu tak memiliki surat-surat. Tidak ada BPKB, tidak ada faktur pembelian,” kata Media Yulizar kepada AJNN, Kamis (11/8).

Media Yulizar mengatakan kondisi ambulan tersebut masih terbilang bagus. Hanya beberapa bagian saja yang rusak parah karena lama tak digunakan. Pihaknya mencoba menelusuri lembaga penyumbang di Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR), lewat Dinas Kesehatan Provinsi, namun tidak ada ada data yang akurat.

“Bahkan sudah ditanyakan kepada koordinator NGO-nya, namun juga belum didapatkan (jawaban),” jelas Media.

Kepolisian Republik Indonesia juga tidak bisa mengeluarkan surat resmi karena barang-barang itu tidak bisa dibuktikan pembeliannya dengan faktur. Pihaknya juga melaporkan hal ini ke badan aset untuk dihapuskan ataupun dilelang. Lagi-lagi mereka kesulitan melakukannya karena tak ada yang berani membeli kendaraan itu karena tak memiliki surat apapun.

Komentar

Loading...