Unduh Aplikasi

Tak Ada Lockdown, Nelayan Aceh Tetap Melaut

Tak Ada <i>Lockdown</i>, Nelayan Aceh Tetap Melaut
Kapal nelayan menepi di TPI Pusong Lhokseumawe. Foto: AJNN/Sarina

BANDA ACEH - Panglima Laot Aceh meminta para nelayan di Aceh tetap melaut seperti biasanya, tanpa harus lockdown (mengunci) diri dari kondisi penyebaran virus corona (Covid-19).

Sekretaris Panglima Laot Aceh, Miftach Cut Adek mengatakan, sampai hari ini para nelayan Aceh masih sanggup melaut dan mencari ikan untuk pasokan kebutuhan masyarakat Aceh.

"Mudah-mudahan nelayan tidak tersentuh virus corona, Alhamdulillah sampai saat ini belum ada, dan kita bermohon pada Allah agar tidak ada virus corona lagi di tempat kita," kata Miftach kepada wartawan, Selasa (31/3).

Miftach menyampaikan, meskipun sampai saat ini belum ada lockdown, masyarakat nelayan sudah memahami bagaimana mengatasi permasalahan ini atas bimbingan tenaga medis dan aparat pemerintah serta tokoh nelayan yang ada di sekitar daerah pesisir.

"Alhamdulillah nelayan Aceh masih tetap bisa melaut dan menangkap ikan, itu sangat dibutuhkan untuk pasokan kebutuhan pangan masyarakat. Nelayan Aceh harus tetap melaut dan membawa banyak ikan," ujarnya.

Apalagi, kata Miftach, saat ini negara-negara seperti seperti Cina dan Jepang sudah mulai pulih, serta sudah membuka komunikasi kembali terhadap permintaan ikan untuk dikirim .

Menurut Miftach, lockdown itu merupakan langkah terakhir dilakukan jika kondisi Aceh sudah betul-betul seperti diluar negeri.

"Kami berharap kepada semua nelayan agar mematuhi semua rambu-rambu yang telah disampaikan oleh Pemerintah Aceh dan ulama. Dan pemerintah dan kita semua dapat mengatasi virus corona ini," tutur Miftach.

Komentar

Loading...