Unduh Aplikasi

Tak Ada Izin, Usaha Kecil Kesulitan Dapat Modal

Tak Ada Izin, Usaha Kecil Kesulitan Dapat Modal
ACEH BARAT - Kepala Kamar Dagang Dan Industri (KADIN) Aceh Barat, Said Isa mengungkapkan, sebagian besar usaha mikro dan kecil di kabupaten setempat masih kesulitan mengakses kredit usaha di perbankan. Pasalnya banyak usaha-usaha kecil tidak mengurus izin usaha.

"Seperti sudah menjadi budaya bagi masyarakat yang mendirikan usaha mikro dan kecil kurang memperhatikan izin, sehingga terkendala dalam mengakses modal untuk melebarkan usaha," kata Said Isa, Rabu (23/3).

Padahal, kata Said Isa, apabila pengusah kecil patuh dalam mengurus izin usaha, maka akan mempermudah mereka dalam mengakses Kredit Usaha Rakyat (KUR). Apalagi izin sudah menjadi syarat di dunia perbankan dalam mengakses kredit lunak.

"Sebenarnya dunia perbankan sudah meringankan suku bunga kreditnya menjadi sembilan persen untuk KUR, karena itu merupakan program pemerintah,”jelasnya.

Dirinya juga menyebutkan usaha kecil yang tidak mengurus izin, seperti usaha pembuatan kue, perbengkelan, perabot rumah dan usaha lainnya. Padahal, pemerintah sudah memberikan kemudahan dalam kepengurusan izin dengan waktu yang singkat.

"Kalau bank sudah meminta KUR, disitu baru mengurus izin," ungkapnya.

Untuk itu, Said Isa, mengimbau kepada seluruh pengusaha kecil untuk tertib dengan mengurus izin sehingga ketika mereka mengakses modal tidak kerepotan.

"Saya harapkan untuk mengurus izin, sehingga akan mudah dalam mengambil modal di bank," harapnya.

Komentar

Loading...