Unduh Aplikasi

Tak Ada Izin, Satpol PP Aceh Timur Hadang Pelantikan FPI

Tak Ada Izin, Satpol PP Aceh Timur Hadang Pelantikan FPI
Satpol PP dan WH menghadang pelantikan FPI Aceh Timur.
ACEH TIMUR - Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (Satpol PP/WH) Aceh Timur menghadang massa dari Front Pembela Islam (FPI) yang ingin melakukan pelantikan di halaman Mesjid Agung Darussalihin Idi Rayeuk, Kamis (28/4).

Pantauan AJNN, pengurus Front Pembela Islam (FPI) dari beberapa kab/kota berkumpul di pintu dekat Mesjid Darussalihin, untuk mengikuti pelantikan DPD dan DPC FPI Aceh Timur. Rencananya pelantikan akan digelar di halaman masjid tersebut. Namun pihak Satpol PP dan WH melarangnya dengan memasang pagar betis. Alasannya karena pihak FPI tidak mengantongi izin untuk melakukan kegiatan itu.

Akhirnya karena tak diberikan tempat untuk menggelar pelantikan, Ketua FPI Aceh, Tgk. Muslem At-Thahiry, MA terpaksa melakukan pelantikan di pintu gerbang Masjid Agung Darussalihin.

Tgk Muslem mengatakan, Satpol PP Aceh Timur tidak berhak melarang ormas FPI masuk ke masjid. Menurutnya, ini merupakan kejadian pertama di Indonesia. "Aneh kami selaku muslim dilarang masuk ke areal masjid, padahal masjid adalah tempat umum bagi umat Islam untuk melaksanakan kegiatan kemaslahatan umat," kata Tgk Muslim.

Selain itu, Tgk. Muslim menegaskan, kalau FPI bukan ormas yang dilarang oleh Pemerintah Indonesia. "FPI bukan teroris, FPI bukan Isis, FPI merupakan salah satu ormas Islam yang punya legalitas ditingkat pusat," tegas Tgk. Muslim dengan menggunakan pengeras suara.

Sementara itu, Kepala Satpol PP dan WH Aceh Timur, Adlinsyah, mengatakan pihaknya menjalankan perintah atasan atau pimpinan untuk melarang FPI melakukan pelantikan di lokasi Masjid Agung Darussalihin.  "Selain dari perintah atasan selaku pimpinan kami, pihak pengurus Masjid Agung Darussalihin juga meminta kami melalui surat untuk melarang FPI menggelar pelantikan di lokasi masjid," katanya. "Ini merupakan perintah khusus pimpinan kami, tidak satu ormas pun melakukan pelantikan di dalam lokasi masjid."

Komentar

Loading...