Unduh Aplikasi

Tak Ada Alokasi Anggaran, Pembangunan Jembatan Ulee Raket Terhenti

Tak Ada Alokasi Anggaran, Pembangunan Jembatan Ulee Raket Terhenti
Foto: Ist

ACEH BARAT - Pembangunan lanjutan jembatan Sawang Teubee atau lebih dikenal dengan jembatan Ulee Raket terhenti tahun ini, meski sebelumnya ditargetkan dapat fungsional pada akhir tahun 2021.

Tidak selesainya pembangunan jembatan Ulee Raket tidak tersedianya anggaran untuk kegiatan tersebut, sehingga terpaksa ditunda pengerjaannya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Aceh Barat, Kurdi mengatakan, tidak tersediannya anggaran disebabkan oleh proyeksi Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) Aceh Barat tahun ini menurun.

Baca: Tahun 2022, Pembangunan Jembatan Ulee Raket Ditargetkan Selesai

"Iya, tahun ini tidak bisa kita lakukan karena proyeksi anggaran, sehingga terjadinya rasionalisasi," kata Kadis PUPR Kabupaten Aceh Barat, Kurdi.

Kurdi menjelaskan, sebenarnya pihaknya sempat mengusulkan lanjutan pembangunan jembatan tersebut melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) tahun 2021, namun kondisi yang dialami di provinsi sama halnya hingga menyebabkan kekurangan anggaran dan tidak bisa dialokasikan untuk pembangunan jembatan Sawang Teubee itu.

Mau tidak mau, kata Kurdi, penyelesaian pembangunan jembatan tersebut akan kembali diusulkan melalui Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) Kabupaten untuk tahun 2022 mendatang.

"Karena terhenti, maka kita akan usul kembali pada pembahasan DOKA 2022 yang akan berlangsung bulan februari ini, sehingga target kita fungsional 2022 bisa selesai," ungkapnya.

Kurdi menjelaskan, apabila nantinya dalam perjalanan ada pos-pos anggaran tertentu tidak terpakai hingga perubahan maka akan kembali diusulkan dalam perubahan, dengan melakukan pengalihan anggaran pos yang tidak tergunakan atau tidak habis terpakai.

Meski tidak dapat melanjutkan pembangunan jembatan baru yang menghubungkan Kecamatan Kaway XVI dengan Pante Ceureumen itu, namun tahun ini PUPR akan melakukan pembongkaran jembatan lama yang ambruk akhir tahun 2019 lalu akibat tergerus banjir.

Komentar

Loading...