Unduh Aplikasi

Tahun 2020 Semua Mssjid Rusak Akibat Gempa 2016 di Pijay Tuntas Dibangun

Tahun 2020 Semua Mssjid Rusak Akibat Gempa 2016 di Pijay Tuntas Dibangun
Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan kembali masjid yang roboh akibat gempa Pidie Jaya 7 Desember 2016.

PIDIE JAYA - Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi memastikan, semua masjid yang rusak akibat gempa 7 Desember 2016 lalu akan tuntas dibangun pada tahun 2020 mendatang.

"Yang tayang di LPSE tahun 2019 ini, itu belum semuanya, masih ada beberapa masjid yang tidak dapat dibangun pada tahun ini, insyaallah semua masjid yang rusak akibat gempa 2016, semuanya tuntas dibangun pada tahun 2020 mendatang," kata Said Mulyadi kepada AJNN, Kamis (20/6).

Pria yang biasa disapa Waled itu menambahkan, untuk meunasah (surau) yang juga rusak akibat gempa telah rampung dibangun pada tahun 2018.

"Tahun 2019 dan 2020 tinggal pembangunan masjid, kalau untuk meunasah semua sudah tuntas dibangun pada tahun 2018," jelas Waled

Seperti diketahui, pembangunan kembali masjid-masjid di Kabupaten Pidie Jaya yang roboh akibat diguncang gempa 7 Desember 2016 lalu akan dibangun mengunakan dana otonomi khusus (Otsus). Namun itu jika tidak ada pihak ketiga yang ingin membangun kembali masjid hingga akhir 2017 nanti.

Hal itu dikatakan Bupati Pidie Jaya Aiyub Abbas usai melakukan peletakan pertama pembangunan kembali Masjid Besar Nurul Huda, Kecamatan Panteraja, kabupaten setempat, Senin 6 November 2017.

“Beberapa waktu yang lalu diperintah oleh menteri, biaya pembangunan kembali masjid untuk dimasukkan dalam APBN, itu janji pusat. Jika tidak ada donatur atau pihak ketiga, otsus tahun 2018 akan difokuskan untuk pembangunan kembali rumah ibadah” kata Aiyub Abbas saat itu.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Pidie Jaya pada tahun 2019 membangun empat unit masjid yang tersebar di empat kecamatan dalam kabupaten setempat. Empat masjid itu adalah, Masjid Jamik Nurul Huda Keude Panteraja, Masjid Madinah di Kecamatan Meurah Dua, Masjid Nurul Yakin Paya Pisang Klat, dan Masjid At-taqwa di Kecamatan Trienggadeng.

Iklan Kriyad

Komentar

Loading...