Unduh Aplikasi

Tahniah, Mr Hasanuddin Ishak

Tahniah, Mr Hasanuddin Ishak
Ilustrasi

PEMERINTAH Kota Banda Aceh menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran tahun anggaran 2017. Sebelum itu, Jumat lalu, Pemerintah Kota Banda Aceh bersama Dewan Perwakilan Rakyat Kota Banda Aceh menandatangani Anggaran Pendapatan Belanja Kota Banda Aceh 2017. Totalnya: Rp 1,2 triliun.

Pemerintah kota ini juga menerima penghargaan atas laporan keuangan tahun 2016. Penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian Keuangan. Ini menjadi sebuah kabar baik bagi pemerintahan yang hanya dijabat oleh seorang pelaksana tugas.

Sejak awal menggantikan Illiza Sa’aduddin Djamal, 26 Oktober 2016, Hasanuddin bergerak cepat. Maklumlah, dia hanya diberikan kesempatan singkat untuk menyelesaikan urusan yang menggunung di akhir tahun. Karena Illiza menjalani cuti karena maju sebagai kandidat pada Pemilihan Kepala Daerah Banda Aceh 2017.

Bukan hanya soal pembahasan anggaran. Hasanuddin juga ditugaskan untuk menuntaskan struktur baru pemerintahan kota yang harus memiliki qanun baru tentang Struktur Organisasi Tata Kerja Perangkat Daerah (SOTK).

Salah satu yang dihasilkan dari pembahasan ini adalah Dinas Pendidikan Dayah yang memang sebelumnya berada di bawah Dinas Syariat Islam. Langkah ini diharapkan dapat mendorong pembangunan pendidikan dayah seiring dengan keberadaan Banda Aceh sebagai kota bersyariat Islam.

Memang bukan kerjaan mudah untuk membangun Banda Aceh sebagaimana mestinya sebuah kota dibangun. Namun langkah Hasanuddin menunjukkan bahwa dengan komunikasi yang baik dan langkah yang tepat, semua bisa ditangani dengan cepat.

Peran DPRK Banda Aceh dalam memuluskan seluruh program pemerintah kota juga semakin menunjukkan kematangan dalam bersikap. Tak perlu ribut-ribut. Karena hal itu hanya mengorbankan kepentingan masyarakat yang semakin lama semakin mengerti dan kritis.

Tentu kita tak berharap langkah cepat Hasanuddin tak berhenti sampai di sini. Mumpung masih ada waktu dua bulan lagi, kita berhak menuntut Hasanuddin sebagai pemimpin pemerintahan menampilkan inovasi yang segar dan menjawab sejumlah permasalahan mendasar warga kota. Syukur-sukur hal ini juga dilakukan oleh pelaksana tugas di daerah lain.

Komentar

Loading...