Unduh Aplikasi

Tahapan Pilkada Aceh Dimulai April Mendatang

Tahapan Pilkada Aceh Dimulai April Mendatang
Ketua KIP Aceh, Samsul Bahri. Foto: AJNN/Indra Wijaya

BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, menetapkan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Aceh mulai April 2021 mendatang.

"Kita sudah tetapkan bersama KIP kabupaten/kota bahwa tahapan pilkada Aceh serentak mulai April," kata Ketua KIP Aceh Samsul Bahri di Kantor KIP Aceh, Selasa (19/1/2021).

Ia mengatakan, tahapan tersebut mulai berjalan setelah KIP Aceh melakukan koordinasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dan Gubernur Aceh.

"Itu tahapan pertamanya kita berkoordinasi dulu dengan Gubernur Aceh dan DPRA dan setelah kita tandatangani NPHD," ucapnya.

Saat ditanyai jika nantinya akan ada perubahan usai berkoordinasi, ia mengatakan pihaknya akan menyesuaikan dan mensinergikan dengan perubahan-perubahan yang ada.

"Kita melihat dulu dan akan menyesuaikan dengan perubahan yang ada," ujarnya.

Kata Samsul, tahapan pertama pilkada serentak itu hingga 17 Februari 2022. Untuk hasil pleno tahapan pilkada itu akan diserahkan kepada DPRA.

"Besok kita akan langsung serahkan ke DPRA, Pemerintah Aceh, KPU RI dan jajaran terkait," ungkapnya.

Terkait belum adanya putusan dari pemerintah pusat akan pelaksanaan pilkada 2022, Samsul mengatakan, biarlah Pemerintah Aceh dan DPRA untuk segera berkoordinasi dengan Kemendagri.

"Karena itu permintaan Mendagri agar DPRA dan Pemerintah Aceh untuk segera berkoordinasi," pungkasnya.

Komentar

Loading...