Unduh Aplikasi

Tahanan Titipan Wajib Karantina 14 Hari Sebelum Masuk Rutan dan Lapas

Tahanan Titipan Wajib Karantina 14 Hari Sebelum Masuk Rutan dan Lapas
Warga Binaan Pemasyarakatan kelas II A Banda Aceh di Lambaro. Foto; AJNN/Tommy

BANDA ACEH - Kakanwil Kemenkumham Aceh, Zulkifli menyebutkan tahanan titipan baik dari pihak kepolisian dan kejaksaan wajib melakukan karantina sebelum masuk ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

"Kami sudah bicarakan ke pihak kepolisian dan kejaksaan, tahanan titipan wajib melakukan karantina 14 hari sebelum masuk rutan maupun lapas. Ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid 19 di dalam," kata Zulkifli, Selasa (30/6).

Selain itu, lanjut Zulkifli, tahanan titipan juga harus mengantongi surat kesehatan setidaknya rapid test untuk meyakinkan bebas Covid 19 sebelum mereka dibawa ke rumah tahanan. Karantina dilakukan oleh pihak kepolisian maupun kejaksaan.

"Untuk masalah ini kami sudah bicarakan dengan pihak kepolisian dan kejaksaan untuk melindungi warga binaan pemasyarakatan kontak langsung dengan penghuni baru," sebut Zulkifli.

Zulkifli juga menyebutkan saat ini Lapas maupun rutan di Aceh belum membuka kunjungan tatap muka keluarga binaan. Pihak keluarga dapat berkomunikasi melalui video call berbasis online yang disediakan.

"Meski tidak menerima kunjungan tatap muka, namun lapas/rutan tetap melayani barang kiriman apabila ada keluarga dari warga binaan ingin mengirimkan makanan, namun tetap menerapkan protokol kesehatan," pungkasnya.

Komentar

Loading...