Unduh Aplikasi

Syur Pakai Lupa Bayar

Syur Pakai Lupa Bayar
Ilustrasi: dreamstime.

HARAPAN Sekretaris Daerah Aceh, Taqwallah, kepada seluruh direktur perusahaan air minum di Aceh untuk meningkatkan kinerja harus direspons dengan cara yang tepat. Karena urusan pelayanan air minum ini sangat penting. 

Perusahaan-perusahaan air minum daerah adalah tulang punggung perekonomian yang tidak terlihat namun sangat penting keberadaannya. Perusahaan-perusahaan itu memasok kebutuhan masyarakat, mulai dari minum hingga berwudhu. 

Sering kali urusan air bersih ini diabaikan. Bahkan di daerah seperti Aceh Tengah, urusan air bersih masih menjadi kendala meski daerah itu memiliki sumber mata air melimpah. Namun kerap kali masyarakat kesulitan mengakses air bersih. Bahkan yang menetap di tepian Danau Laut Tawar. 

Di Banda Aceh, persoalan air bersih juga tak kunjung tuntas. Bahkan setelah tiga tahun menjabat, PDAM tidak beroperasi maksimal. Di beberapa titik, air bersih tersendat. Warga harus rela mengisi bak air tengah malam karena tak mendapatkan air bersih di siang hari.

Namun Sekretaris Daerah juga perlu menggandeng perusahaan-perusahaan daerah air minum untuk serius menjaga sumber-sumber mata air agar tidak kekeringan. Salah satunya adalah dengan menjaga daerah aliran Krueng Aceh. 

Sungai yang melintasi Aceh Besar dan Banda Aceh ini harus diperhatikan kesehatan ekosistemnya agar perusahaan-perusahaan di daerah itu dapat terus memanfaatkan air di dalamnya. Bahkan jika diperlukan, Sekda Aceh memimpin kerja sama yang memungkinkan Pemerintah Kota Banda Aceh memberikan subsidi pemeliharaan hutan di sekitar sungai kepada Kabupaten Aceh Besar. 

Ancaman kekeringan mata air di Aceh mulai sering muncul. Hal ini harus diantisipasi dengan menjaga tutupan hutan di seluruh DAS di Aceh. Perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan aliran air sungai jangan keasyikan memanfaatkan, namun lupa untuk memelihara. 

Pemkab Bener Meriah _Ramadhan

Komentar

Loading...